Friday, April 23, 2021

Menristek Sebut Dana Riset Di Indonesia Tidak Ideal

Most Read

radartvnews.com – Minimnya jumlah riset di Indonesia tidak terlepas dari alokasi dana riset dan pengembangan yang masih sangat kecil, hal ini disampaikan Menteri Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir usai membuka simposium nasional akuntansi ke 19 di Universitas Lampung Kamis pagi.

Mantan rektor terpilih Universitas Diponegoro ini menyadari ada keterbatasan APBN untuk menyediakan dana riset yang memadai, pasalnya dana riset sekarang baru sekitar 15 triliun dari idealnya dana riset di Indonesia sebesar 16,6 triliun. Selain sangat kecil, persoalan lainnya adalah mekanisme penyaluran dana riset yang masih mengikuti siklus tahunan anggaran di APBN, hal ini menyebabkan Indonesia masih tertinggal jauh dari negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Malaysia serta Singapura.

Berita Lainnya  Pemkot Bandar Lampung Siap Renovasi Pasar Tradisional Jadi Modern

Meski demikian Nasir berharap agar para dosen Indonesia bisa terus meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan riset-riset yang nantinya bisa diaplikasikan di Indonesia.(liz/ayu/bowo)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Berita Lainnya  Pemkot Bandar Lampung Siap Renovasi Pasar Tradisional Jadi Modern

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Pencuri Rem Kereta Api Diringkus

Radartvnews.com- Jajaran kepolisian Sektor Panjang, Bandar Lampung meringkus P (16) lantaran nekat mencuri rem kereta api di stasiun sukamenanti panjang pada saat kereta sedang...

berita terkait lainnya