Tuesday, July 27, 2021

Umat Hindu Waykanan Gelar Ritual Penyucian Niayasa

Most Read

radartvnews.com – Dalam Upacara Ritual Ngetegh Linggih atau lebih dikenal dengan Ruwat Bumi Upacara Keagamaan Hindu yang bernilai budaya yang dipusatkan di dusun Madia Agung Satu Kampung Bali Kecamatan Banjit diikuti ribuan warga Umat Hindu sekabupaten Way Kanan dan dihadiri  Wakil Bupati Way Kanan Edwar Anthony.

Kegiatan ritual ini yang dipersiapkan selama 60 hari dan akan kembali dilakukan dalam rentang waktu 30 sampai 50 tahun kedepan selain untuk mensucikan atau mensakralkan niyasa atau simbol obyek konsentrasi  pemujaan bagi umat Beragama Hindu Diwaykanan juga dilakukan kegiatan resepsi sakral lainnya, yakni peletakan batu pertama atau mendem pedaging yang terdiri emas perak tembaga besi dan batu muliayang ditanam di empat penjuru mata angina.

Berita Lainnya  Geliat Budaya di Tengah Pandemi

Pihak panitia penyelenggara mengklaim ritual keagamaan yang sarat budaya ini pelaksanaannya menghabis kan biaya  hingga lima ratusan juta rupiah. (ded/cat)

 

 

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Berita Lainnya  Geliat Budaya di Tengah Pandemi

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Ruas Tol Terpeka Diperketat, Volume Kendaraan Turun

Radartvnews.com - Pemerintah pusat memperpanjang PPKM Level 4 mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021. Menyikapai keputusan tersebut, PT Hutama Karya melanjutkan penyekatan di...

berita terkait lainnya