Scroll untuk membaca artikel
Pemprov LampungUtama

Lampung Percepat Pencapaian Sasaran Peningkatan Produksi Tanaman Pangan

9
×

Lampung Percepat Pencapaian Sasaran Peningkatan Produksi Tanaman Pangan

Share this article
Lampung Percepat Pencapaian sasaran Peningkatan Produksi Tanaman Pangan
ilustrasi-tanaman-pangan

“Kita ketahui bahwa pada Musim Kemarau II (MK-II) 2016 telah dilaksanakan peningkatan areal tanam baru melalui Gadu Model di Sekampung System seluas 31.368 Ha. Diharapkan kepada semua pihak agar segera melakukan Iangkah-Iangkah mengamankan upaya pencapaian sasaran produksi padi yang telah ditetapkan melalui beberapa kegiatan strategis secara terpadu khususnya terkait dengan gerakan pengendalian wereng batang coklat, gropyokan tikus dan sanitasi Iahan, percepatan pengolahan lahan dan tanam serta pengendalian OPT Iainnya.

Sebagai bahan evaluasi, lanjut Pj. Sekdaprov, perlu diupayakan memperbanyak sampel ubinan melalui kerjasama dengan BPS. Sehingga dapat diperoleh data produktivitas padi sampai dengan tingkat desa/kecamatan dan sesuai dengan kondisi riil di tingkat Iapangan. “Jika semua harapan tersebut dapat diwujudkan, mudah-mudahan target produksi padi Provinsi Lampung sebesar 4,3 juta ton GKG pada tahun 2016 akan dapat tercapai,” kata Pj. Sekdaprov.

Ditambahkan Pj. Sekdaprov, Gubernur menyambut baik dan menaruh harapan yang sangat tinggi kepada jajaran TNI AD, khususnya Korem 043/Gatam dan Kodim se Provinsi Lampung, yang telah melakukan kerjasama dalam pengawalan dan pembinaan Upsus. Sehingga Babinsa bersama-sama PPL setempat nantinya dapat melakukan pendataan, pengawalan dan akselerasi kegiatan Upsus serta evaluasi kinerja sampai tingkat desa.

Sementara itu Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Ir.Lana Rekyanti melaporkan, kegiatan Koordinasi evaluasi kinerja, akan dilanjutkan dengan penyusunan sasaran produksi 2017, mengingat masa pertanaman MT 2016/2017 akan dimulai. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi dari TP4K terkait dukungan air irigasi dan dari BMKG terkait ramalan iklim mendukung pertanaman MT 2016/2017. (Rls/Min)