Tuesday, June 15, 2021

Akreditasi Online, Dinilai Efektif Untuk Mendongkrak Perguruan Tinggi Terakreditasi

Most Read

radartvnews.com – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan mulai menerapkan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) pada tahun 2017 mendatang.

Berdasarkan data Badan Akreditasi Nasional, dari total 4.527 Perguruan Tinggi yang ada di indonesia saat ini, baru 1.044 atau sekitar 23% yang terakreditasi. Meski sudah ada 19.011 atau sekitar 78% Prodi terakreditasi, pemerintah menargetkan seluruh prodi terakreditasi pada 2018 mendatang.

Menanggapi hal tersebut Pengamat Pendidikan Lampung, Bujang Rahman mendukung langkah penerapan Sistem Akreditasi Online. Pasalnya, penerapan sistem tersebut dinilai sangat efektif untuk mendongkrak jumlah Perguruan Tinggi Terakreditasi baik secara Institusi dan Program Studi.

Berita Lainnya  BPBD Tangkap Ular Sanca 3,5 Meter

Sebelumnya diketahui, penerapan Sistem Akreditasi Online ini diperkirakan bisa menghemat biaya akreditasi hingga 20%. Penyelenggaraan proses akreditasi oleh BAN-PT sepenuhnya menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).
Rata-rata biaya untuk proses akreditasi per institusi sebesar Rp 64,3 juta,sedangkan prodi rata-rata Rp 30,8 juta.
(Bow/Liz)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Berita Lainnya  Dua Bulan, Pemutihan Pajak Capai Rp 55 Miliar

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Aturan PPDB Berubah, Orang Tua Datangi Sekolah

Radartvnews.com -  Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat telah dibuka Senin (14/6). Meski dilakukan secara online, namun sejumlah...

berita terkait lainnya