Tuesday, August 3, 2021

2017, Pemkab Way Kanan Targetkan 100 Juta Bibit Ikan

Most Read

radartvnews.com – Way Kanan merupakan daerah yang memiliki potensi besar dalam pengembangan perikanan, seperti di Kecamatan Banjit ini misalnya, sistem drainase yang baik ini terus mengaliri persawahan dan mampu mensuplay kebutuhan air kekolam-kolam milik warga.

Selain itu, Kabupaten Way Kanan dibawah binaan UPT Balai Benih Ikan yang ada di Kecamatan Banjit secara terus menerus melakukan pembinaan kepada sebanyak 40 unit pembibitan rakyat atau UPR yang tersebar di Kecamatan Banjit. Untuk bibit ikan yang akan dikembangkan meliputi ikan nila, ikan emas, patin, baung dan ikan lele.

Target ini merupakan target minimal, diharapkan dari 40 Unit Pembenihan Rakyat atau UPR tersebut dalam setiap tahunnya akan mampu memproduksi bibit ikan sebanyak 30 juta bibit ikan.

Selain itu, para kelompok petani ikan ini akan dibimbing dengan 5 penyuluh yang memiliki kompetensi dibidang perikanan, pemasaran, sehingga masyarakat petani ikan akan mampu mengembangkan ikan dan tidak kesulitan dalam memasarkan hasil pembibitannya.

Guna percepatan perwujudan target 100 juta bibit ikan ini, maka UPR akan dibagi menjadi beberapa daerah sentra bibit ikan, seperti untuk wilayah Kecamatan Banjit, meliputi Kecamatan Rebang Tangkas dan Kasui, untuk Kecamatan Pakuan Ratu meliputi Negeri Besar dan Kecamatan Negara Batin dan untuk Kecamatan Way Tuba meliputi Bumi Agung, Bahuga dan Buay Bahuga.

Selanjutnya, kedepan UPR ini akan melaksanakan penandatanganan fakta integritas. Sehingga, akan diketahui adanya kendala-kendala dalam pencapaian target yang telah disepakati.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan, kadarsyah juga mengharapkan pada tahun ke 5 mendatang baik kelompok tani perikanan maupun para UPR telah memiliki sertifikasi dalam pengelolaan dan pembibitan ikan.

Selain mentargetkan peningkatan jumlah produksi bibit ikan, Pemkab Way Kanan melalui Dinas Perikanan juga didorong mampu menjamin bibit ikan nantinya terjual di luar wilayah Way Kanan. Kadarsyah juga menambahkan, pihaknya akan terus melakukan kontrol secara berkala  melalui pertemuan yang akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali, pihak dinas yang akan mengunjungi para UPR diwilayahnya masing-masing.(Jef/Ded)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Ribuan Burung Prenjak & Gelatik Diselundupkan

Radartvnews.com- Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung bekerjasama dengan Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan Wilayah Bengkulu- Lampung berhasil mengagalkan pengiriman ribuan...

berita terkait lainnya