Wednesday, June 16, 2021

Bupati Lamteng Dianugrahi Gelar dari Keratuan Melinting

Most Read

radartvnews.com – Bupati Kabupaten Lampung Tengah, Mustafa mendapat gelar Pengiran Nata Mergo dari Keratuan Melinting. Pemberian gelar yang dilakukan dalam adat Seangkonan Muaghei ini, diberikan langsung oleh Sultan Melinting di desa Labuhan Maringgai, kecamatan Lampung Timur belum lama ini.

Prosesi dimulai dengan arak-arakan dengan kereta kesultana. Lalu pengguntingan pita oleh Mustafa menandai dimulainya angkon dan adok, setelah itu Mustafa diberikan sertifikat atas diberikannya jeneng Pengiran Nata Mergo. Dalam kesempatan ini, Sultan Ratu Idil Muhammad Tihang Igama IV menuturkan bahwa Mustafa layak diberi gelar kehormatan karena kepribadian,  kepedulian, dan kebaikanya.

Keratuan melinting, merupakan adat keturunan Saybatin dimana prosesi pemberian adok  hanya kepada orang tertentu, apalagi bisa mendapatkan jeneng tertinggi pengiran. Usai pemberian jeneng Mustafa mengaku sangat berterima kasihdan merasa terhormat mendapatkan gelar pengiran nata mergo. (Bow/Tik)

berita menarik lainnya

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Ungkap Motif Pembakaran KM Sekar Tanjung I, Polisi Periksa 10 Saksi

Radartvnews.com - Kasus pembakaran KM Sekar Tanjung I oleh sejumlah nelayan di perairan Sukabanjar, Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung pada Mingu (13/6) lalu...

berita terkait lainnya