Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Pelajar SMA, SMK, dan MA se-Lampung Mendapat Pelatihan Kearsipan

0
×

Pelajar SMA, SMK, dan MA se-Lampung Mendapat Pelatihan Kearsipan

Share this article
Pelajar SMA, SMK, dan MA se-Lampung Mendapat Pelatihan Kearsipan
Pelajar SMA, SMK, dan MA se-Lampung Mendapat Pelatihan Kearsipan

radartvnews.com – Sebanyak 500 pelajar SMA, SMK, dan MA se-Provinsi Lampung mengikuti sosialiasi kearsipan personal (student file) yang digelar Dinas Perpusatakan dan Kearsipan Provinsi Lampung, di GSG SMA Negeri 2 Bandar Lampung, Selasa (5/8/2017). Menurut Kepala Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Herlina Warganegara, sosialisasi ditargetkan mampu meningkatkan kemampuan pelajar menata arsip dari diri sendiri (personal arsip).

Kearsipan merupakan salah satu program yang dicanangkan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo untuk mendorong Pengelolaan Arsip di Provinsi Lampung semakin baik. Menurut Duta Baca Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo tujuan penting sosialisasi student file bagi seluruh pelajar SMA ini adalah untuk mengenalkan dan mengajak seluruh siswa sejak dini agar memahami pentingnya arsip.

Yustin mengajak seluruh pelajar untuk mampu mengelola arsip dengan baik. Melalui kegiatan ini Yustin berharap seluruh peserta dapat mengikutinya dengan baik, sehingga informasi dan pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan dan diaplikasikan dengan baik.

“Marilah sejak dini kita menyimpan arsip tersebut dengan baik agar mudah untuk mencari arsip penting yang kita butuhkan. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal terburuk, yaitu terjadinya kehilangan arsip-arsip penting,” kata Yustin.

Di sisi lain, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bandarlampung, Jumani Darjo, menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa. “Output dari kegiatan ini untuk anak-anak adalah wawasan tentang pentingnya kearsipan. Pengetahuan seperti ini tidak mereka dapat di sekolah. Harapan kami ke depan, Provinsi Lampung khususnya sektor pendidikan harus berani tampil. Sejajarkan diri dengan sekolah-sekolah terbaik di tingkat nasional,” kata Jumani.

Pada acara ini, Yustin Ficardo memberikan dua pertanyaan berhadiah dua buah sepeda bagi siswa yang dapat menjawab dengan benar. Putri Aprisia, siswi yang mendapatkan hadiah sepeda mengatakan, acara seperti ini mengajarkan untuk menjaga dan menyimpan surat-surat berharga. Supaya saat diperlukan tidak bingung mencari arsip seperti rapor, ijazah, dan piagam.

“Semoga seluruh jalan provinsi di Lampung bisa semakin bagus tahap demi tahap dan Provinsi Lampung semakin maju,” ujar Putri saat ditanya harapannya terhadap Provinsi Lampung. (rls)