Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Pemprov Lampung Gulirkan Gerakan Lampung Gemar Membaca

0
×

Pemprov Lampung Gulirkan Gerakan Lampung Gemar Membaca

Share this article
Pemprov Lampung Gulirkan Gerakan Lampung Gemar Membaca
Pemprov Lampung Gulirkan Gerakan Lampung Gemar Membaca

radartvnews.com – Pemerintah Provinsi Lampung menggelar road show dan bedah buku bertema “Kita wujudkan masyarakat Lampung gemar membaca,” di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rabu (20/9/2017). Acara ini dalam rangka Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2017.

“Kegiatan ini untuk memotivasi dan meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya bagi anak-anak. Sekaligus sebagai ajang pengenalan dan pemanfaatan perpustakaan.  Khususnya perpustakaan-perpustakaan mitra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung,” ujar Staf Ahli Bidang kemasyarakatan dan SDM, Harun Al-Rasyid ketika membacakan sambutan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo.

Saat ini, salah satu penyebab rendahnya minat baca yaitu berkaitan dengan ketersediaan sumber belajar berupa bahan bacaan serta kemudahan untuk mengaksesnya. Di sisi lain, faktor keluarga dan lingkungan memiliki peranan penting dalam menumbuhkan minat baca.

“Pemprov berupaya supaya masyarakat dan anak-anak kita memiliki keinginan membaca.  Orang tua berperan membina dan mengajarkan anak untuk menyukai membaca. Di era digital saat ini buku masih mempunyai andil, karena tidak semua masyarakat memiliki alat digital seperti handphone. Misalnya masyarakat di pedesaan. Untuk itu Pemerintah kabupaten/kota perlu membangun perpustakaan sebagai tempat membaca bagi anak didik,” kata Harun Al-Rasyid.

Oleh karena itu, kata Harun Al- Rasyid, perpustakaan harus berupaya memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Seperti sarana dan prasarana yang lengkap sesuai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, ruang internet, tempat membaca yang nyaman, ruang anak yang didesain khusus untuk  anak dan lainnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Herlina Warganegara menyampaikan bahwa maksud acara Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yaitu untuk menarik minat masyarakat agar senang membaca dan datang ke perpustakaan guna meningkatkan pengetahuan.

“Acara ini untuk memotivasi masyarakat sejak anak usia dini agar cinta perpustakaan, mendorong siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana menimba ilmu pengetahuan, dan menumbuh kembangkan minat baca anak sehingga terwujud generasi Gemar membaca,” kata Herlina Warganegara.

Sebelumnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung menggelar rangkaian lomba. Juara lomba perpustakaan desa/ kelurahan terbaik tingkat Provinsi yaitu  Rumah Pintar Talangjawa, Lampung Selatan, Juara Lomba Perpustakaan SLTA terbaik tingkat Provinsi Lampung SMAN 9 Kota Bandarlampung.

Juara Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI tingkat Provinsi Lampung Arya Triyono asal SDN 1 Pringsewu, Juara Lomba pustakawan Berprestasi se-Provinsi Lampung Luckty Giyan Sukarno dari SMAN 2 Metro, Juara Lomba Pidato Bahasa Lampung siswa SMP se Provinsi Lampung Andriyan Saputra asal SMPN 1 Sukau Lampung Barat, Juara Lomba menggambar siswa SD Carbela Zahra siswi SD Muhammadiyah 1 Bandarlampung dan Juara Lomba Roket Air bagi siswa SMP M. Zidan Alfarizi siswa SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung.

Selanjutnya pada 28 september 2017 mendatang akan dilaksanakan pencanangan Lampung Membaca yang akan dihadiri Najwa Shihab yang juga Duta Baca Indonesia dan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (rls)