Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Disdikbud Tidak Tahu UN 2018 Esai

0
×

Disdikbud Tidak Tahu UN 2018 Esai

Share this article

radartvnews.com- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengubah soal Ujian Nasional pada 2018 tidak lagi pilihan ganda melainkan esai, hal ini dilakukan untuk mengukur ketuntasan belajar siswa.

Pelaksanaan UN berbasis komputer disebut tidak memberikan dampak yang signifikan untuk mengukur level kognisi belajar siswa.

Ironisnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar, mengaku belum mengetahui rencana perubahan soal UN menjadi esai semua ditahun mendatang. Sebab belum ada sosialisasi resmi yang disampaikan pihak kementerian.

Menurutnya jika wacana tersebut dilakukan tidak akan menjadi masalah. Pihaknya tetap akan mematuhi aturan dan mempersiapkan siswa dengan baik. Hanya saja dirinya berkeyakinan pergantian soal UN menjadi esai belum akan dilakukan dalam waktu dekat karena pemerintah sedang fokus untuk meningkatkan jumlah sekolah peserta UN berbasis komputer.

Sulpakar berharap wacana ini tidak mengganggu psikologis siswa terutama bagi siswa kelas tiga yang akan mengikuti UN. Dirinya meminta seluruh siswa tetap fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional ditahun mendatang.(liz/sep)