Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Disdikbud Perintah Tarik Buku SD Sesat

2
×

Disdikbud Perintah Tarik Buku SD Sesat

Share this article
Disdikbud Perintah Tarik Buku SD Sesat

radartvnews.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menginstruksikan penarikan buku pelajaran IPS terbitan Yudhistira yang banyak digunakan sejumlah sekolah dasar, yang berisi konten kontroversial terkait penyebutan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Aswarodi mengatakan bahwa sejak berita tersebut mencuat dan mendapat berbagai aduan dari masyarakat/pihaknya langsung meminta Dinas kabupaten/kota untuk menarik peredaran buku tersebut dari masyarakat.

“buku tersebut merupakan kurikulum tingkat satuan pendidikan 2006 cetakan 2009, artinya buku tersebut sudah lolos dari Kementerian Pendidikan,” ungkap Aswarodi. Kemungkinan buku itu banyak tersebar didaerah karena rata-rata sekolah dasar yang ada didaerah masih menggunakan KTSP sebagai acuan pembelajaran.

Sejak berita ini mencuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui pusat kurikulum dan perbukuan, balitbang, merevisi buku sekolah elektronik (BSE) ilmu pengetahuan sosial kelas empat sekolah dasar (SD) yang menyebutkan Yerusalem ibu kota negara Israel. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga meminta maaf atas kesalahan materi yang terdapat dalam buku tersebut.

“kemendikbud akan menelusuri kembali kesalahan yang terjadi di isi buku dan akan menelusuri siapa yang paling bertanggungjawab terhadap kesalahan itu,” ungkap Muhajir. Terkait penerbitan buku Muhadjir mengaku akan membenahinya termasuk orang yang akan dipilih menjadi tim editing, tim penilai dan lebih teliti dan korektif terhadap tim pembuat naskah.(liz/san)