Saturday, July 31, 2021

Minim Akreditas, SMA-MA Dibawah Standar

Most Read

radartvnews.com- Berdasarkan data Badan Akreditasi Provinsi Sekolah dan Madrasah Wilayah Lampung, jumlah sekolah jenjang SMA dan MA masih minim yang terakreditasi baik.

Admin Badan Akreditasi Provinsi Sekolah dan Madrasah Wilayah Lampung Emilia Zulaiha Zahara mengatakan, hingga saat ini baru 58 % sekolah yang terakreditasi minimal B, Sementara sisanya masih terakreditasi C dan D atau tidak terakreditasi.

“Berdasarkan data 2017 jumlah sekolah jenjang SMA/MA yang terakreditasi A ada 38 sekolah terakreditasi B 109 sekolah terakreditasi C 102 sekolah dan sekolah yang terakreditasi D ada 2 sekolah,” ujar Emilia.

Status akreditasi sangat penting karena menjadi acuan penilaian Perguruan Tinggi Negeri pada penerimaan siswa melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan porsi 50 % bagi sekolah yang terakreditasi A, 30 % sekolah yang terakreditasi B, 10 % sekolah yang terakreditasi C ,dan 5 % bagi sekolah yang terakreditasi D atau tidak terakreditasi.

Berita Lainnya  Rusunawa Disiapkan untuk Warga Pesisir

Untuk standar akreditasi sekolah diwajibkan memenuhi delapan kriteria yaitu standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan, imbuh Emilia.

Seluruh  sekolah yang belum  terakreditasi atau status terakreditasi sekolahnya masih rendah agar segera mengurus nilai akreditasi sekolahnya, tutup Emilia.(liz/san)

Berita Lainnya  Bocah Tercebur Sumur Selamat

 

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Waspada Gelombang 6 Meter di Perairan Lampung

Radartvnews.com - Nelayan di wilayah Perairan Barat Lampung harus mewaspadai gelombang setinggi 4 hinga 6 meter. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Maritim Lampung memprediksi...

berita terkait lainnya