Friday, July 30, 2021

Soal USBN SD 80 Persen Dibuat Daerah

Most Read

radartvnews.com– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) menetapkan kebijakan baru, mulai tahun 2018 ujian akhir jenjang Sekolah Dasar ( SD )dengan menerapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USDBN ) untuk peserta didik kelas 6.

USBN di tingkat SD hanya menguji tiga mata pelajaran diantarany Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kepala Seksi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung Suharsono mengatakan, sebelumnya pada tahun 2017 ada dua jenis ujian di jenjang SD dan Madrasah Ibtidaiyah yaitu US/M dan ujian sekolah. Tahun 2018 berubah menjadi USBN dan Ujian Sekolah.

Lima pelajaran yang diujikan dalam ujian sekolah adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,  Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Studi serta Penjaskes dan Olahraga.

Berita Lainnya  Bocah Tercebur Sumur Selamat

Dengan merubah format ujian dari US / M menjadi USBN maka berubah pula pola pembuatan naskah soal ujian, sekarang pada USBN 2018, 20-25 % soal disiapkan oleh pusat sebagai soal jangkar dan 75 % sampai 80 % disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru.

Berita Lainnya  Pemukiman Diterjang Ombak, 4 Rumah Hancur

Pada tahun ini jumlah peserta yang akan mengikuti USBN SD sebanyak 17.725 orang dengan total 305 sekolah, pelaksanaan USBN SD akan dilaksanakan pada bulan mei 2018.(liz/lat/san)

berita menarik lainnya

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

KPK Eksekusi Eks Kadis dan Kabid ke Rutan Way Hui

Radartvnews.com - PLT Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi RI Bidang Penindakan, Ali Fikri melalui siaran persnya di Gedung Putih KPK pada Kamis siang (29/7). Fikri...

berita terkait lainnya