Monday, July 26, 2021

Ridho-Bachtiar Berhasil Kembangkan Transportasi Massal Kereta Api

Most Read

radartvnews.com-Upaya Ridho-Bachtiar mengembangkan transportasi massal di jalur darat kini terwujud. Selain memiliki bus Lampung Jasa Utama (LJU) yang terus melayani rakyat, Ridho-Bachtiar berhasil melobi pemerintah pusat agar Provinsi Lampung dapat menambah 11 rangkaian Kereta Api Premium. Ini dilakukan Ridho pada rentang waktu Juli dan Agustus 2017 lalu.

Saat itu, Muhammad Ridho Ficardo yang berpikir keras untuk mengatasi kemacetan di Provinsi Lampung mematangkan penambahan transportasi rakyat. Pilihan selain bus jatuh pada kereta api. Demi rakyatnya, Ridho membahas langsung usulan penambahan rangkaian kereta tersebut kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian,
Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono, di Kantor Kemenhub Jalan Medan Merdeka Barat No.8, Jakarta. Usulan penambahan rangkaian KA tersebut karena jumlah penumpang KA Seminung yang selama ini melayani rute Kotabumi-Tanjungkarang terus meningkat tiap tahun.

Apa yang diupayakan Ridho membuahkan hasil. Bertepatan dengan HUT Lampung ke-54, sebelas rangkaian KA tersebut hadir di Lampung dan diujicobakan Rabu (21/3/2018) pukul 10.00. “Ini merupakan KA pertama yang melayani penumpang dari Lampung ke Baturaja. Tarifnya tidak akan memberatkan, meskipun fasilitas yang ada di atas kelas bisnis,” kata seorang pejabat perkeretaapian.

Berita Lainnya  Masjid Falahuddin Bantah Gelar Konpers FSML

KA ini menempuh rute Stasiun Tanjungkarang-Kotabami. “Kita ingin mencoba bagaimana KA Premium ini melintas di jalur Lampung, seperti apa kenyamannya dan apa evaluasinya sebelum benar-benar beroperasi. Ini hadiah istimewa bagi masyarakat Lampung,” kata seorang pejabat di lingkungan Perhubungan. Proses kedatangan 11 rangkaian KA Premium ini diakuinya merupakan salah satu poin pembicaraan Muhammad Ridho Ficardo dengan Direktorat Jenderal KA Kementerian Perhubungan, Agustus 2017. “Targetnya kehadiran KA Premium ini mampu mempercepat konektivitas penumpang dari Sumatera Selatan ke Lampung,” katanya.

Berita Lainnya  Pedagang Tuntut Solusi

Uji coba KA ini dilakukan dengan menggunakan enam rangkaian termasuk KA makan. KA Premium dijadwalkan beroperasi penuh mulai April 2018. Rencananya, KA Premium berangkat dari Stasiun Baturaja pukul 06.30 dan sampai di Stasiun Tanjungkarang pukul 13.00. Kemudian berangkat dari Stasiun Tanjungkarang pukul 15.30 dan dijadwalkan tiba di Stasiun Baturaja pukul 20.30 WIB.
Terimakasih Pak Ridho! (TIM)

berita menarik lainnya

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Ruas Tol Terpeka Diperketat, Volume Kendaraan Turun

Radartvnews.com - Pemerintah pusat memperpanjang PPKM Level 4 mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021. Menyikapai keputusan tersebut, PT Hutama Karya melanjutkan penyekatan di...

berita terkait lainnya