Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Survei Rakata, Ridho,Herman, Arinal Alot

0
×

Survei Rakata, Ridho,Herman, Arinal Alot

Share this article
Survei Rakata, Ridho,Herman, Arinal Alot

radartvnews.com- Setelah sempat berpolemik dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU)Provinsi Lampung yang melarang Rakata Institut untuk merilis hasil surveinya, lembaga survei lokal ini akhirnya merilis hasil survei Pilgub Lampung pada medio survei 12 sampai 17 juni 2018, sabtu (23/6).

Hasilnya, pasangan Arinal Djunaidi – Chusnunia unggul elektabilitasnya dari ketiga pasangan calon lainya dengan raihan 33,30 %  disusul ketat oleh pasangan Herman HN – Sutono dengan 31,30 %, Ridho – Bachtiar dengan 22,30 % dan Mustafa – Ahmad Jajuli dengan 10,50 %  dengan swing voter 2,60 %.

Direktur Rakata Institut Eko Kuswanto mengatakan, persaingan antara Pasangan Calon Gubernur nomor urut tiga dan nomor urut dua diprediksi sangat ketat hingga hari pencoblosan dengan menyisakan masa mengambang tidak sampai 3 %.

Diketahui pasangan Arinal Djunaidi unggul di delapan daerah yakni Metro, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Utara, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu dan Waykanan, ujar Eko.

Sementara pasangan Herman HN – Sutono unggul di tiga daerah yakni Bandar Lampung, Lampung Tengah dan tulang bawang untuk daerah lainya dibagi rata dengan empat pasang calon.

Setelah merilis hasil survei ini, Rakata Institut juga akan ambil bagian mengawal proses demokrasi dengan menggelar hitung cepat pada hari pencoblosan. Hitung  cepat juga akan dilakukan untuk dua kabupaten yang melaksankan pemilihan kepala daerah yakni Tanggamus dan Lampung Utara.(bow/san)