Saturday, July 31, 2021

Kinerja KPU & Bawaslu, Bikin Mantan Danrem Muak

Most Read

radartvnews.com- Panitia khusus dugaan pelanggaran pilkada yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung menggelar rapat dengar pendapat dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung (18/6).

Rapat dipimpin langsung Panitia Pansus Mingrum Gumay dan dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Irwan S Marpaung. Dalam rapat terungkap bahwa Kaban Kesbangpol mengecam kinerja dua penyelenggara Pilkada yang melakukan pembiaran proses politik uang terjadi.

Ini disampaikan Irwan S Marpaung saat ditanya apa langkah dan pengawasan yang dilakukan Kesbangpol Lampung pada Pemilihan Gubernur 27 juni lalu.

“kesbangpol tidak memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan pengawasan hingga tingkat bawah,sebagai bagian dari pihak penyelenggara dirinya merasa muak dengan KPU dan Bawaslu yang tidak berkerja sesuai dengan tupoksinya,” ujar Irwan dalam ketarangan.

Terutama badan Pengawas Pemilu Provinsi Lampung, seharusnya Bawaslu Lampung lebih proaktif dalam menangani dugaan politik uang yang terjadi, imbuh Irwan.

Sementara itu, ketua Pansus Mingrum Gumay menjelaskan pansus akan terus menggali informasi menelusuri laporan masyarakat terkait marakanya politik uang pada Pilgub Lampung, dari penjelasan Kesbangpol Lampung terungkap jelas bahwa pihak penyelenggara yang difasilitasi oleh negara tidak berkerja maksimal.

Selanjutnya Pansus akan memanggil Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Lampung (BPK RI) untuk dimintai partisipasinya melakukan audit dana pilkada yang dihibahkan kepada pihak penyelenggara baik Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu dan Polda Lampung, ini di lakukan untuk memastikan kebenaraan penggunaan uang rakyat.(bow/san)

berita menarik lainnya

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Waspada Gelombang 6 Meter di Perairan Lampung

Radartvnews.com - Nelayan di wilayah Perairan Barat Lampung harus mewaspadai gelombang setinggi 4 hinga 6 meter. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Maritim Lampung memprediksi...

berita terkait lainnya