Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungPemprov Lampung

Pemprov Lampung Beri Dorongan Kopma Unila Selenggarakan Seminar Nasional dan Olimpiade Koperasi

1
×

Pemprov Lampung Beri Dorongan Kopma Unila Selenggarakan Seminar Nasional dan Olimpiade Koperasi

Share this article

radartvnews.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mendukung Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Lampung mengadakan Seminar Nasional Perkoperasian dan Kewirausahaan serta Olimpiade Koperasi Siswa pada 6-7 Oktober 2018 mendatang. Khusus untuk Olimpiade akan digelar untuk tingkat SMA/SMK/MA sederajat se- Provinsi Lampung di Gedung Serba Guna (GSG) Unila dan Gedung Agronomi Fakultas Pertanian Unila.

“Dengan adanya kegiatan seminar dan olimpiade ini, tentu pengetahuan tentang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta manfaatnya cakupannya akan semakin luas,” ujar Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Lampung Taufik Hidayat saat menerima audiensi dari Panitia Seminar Nasional Perkoperasian dan Kewirausahaan serta Olimpiade Koperasi Siswa Indonesia Unila, di Ruang Rapat Kerjanya, Kantor Gubernur Lampung, Selasa (17/7/2018).

Seminar Nasional direncanakan menghadirkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga sebagai keynote speaker. Selain itu, juga menghadirkan Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Khalid, CEO Gojek Nadiem Makarim, dan Manajer Kopkun Firdaus Putra.

Menurut Taufik Hidayat, sebelumnya pihaknya turut pula melakukan sosialisasi kepada Kabupaten/Kota melalui Dinas Koperasi dan UKM nya, untuk mendatangkan para peserta yang terlibat dalam Koperasi dan UKM. Ia juga menyarankan untuk mengedukasi para peserta seminar, juga dihadirkan para pelaku usaha dan koperasi yang dipandang berhasil di Provinsi Lampung.

“Kita harus mengadirkan pelaku Koperasi yang dirasa cukup berhasil di Lampung. Dan pada acara Olimpiade ini bisa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Ini perlu diinformasikan kepada pihak sekolah SMA/SMK/MA terhadap peserta yang akan mengikutinya. Pemprov Lampung sifatnya siap dan mendukung,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Satria Alam mengatakan Seminar Nasional tersebut juga mendapat dukungan dari Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Lampung dan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Ketua Umum Kopma Unila Ikhwan Ferdian mengatakan acara Olimpiade Koperasi Siswa Indonesia, memiliki tiga kegiatan yang akan dilombakan, yakni Lomba Cepat Tepat, Ranking 1 dan Design Poster. Ikhwan berharap, dengan masukan dan dukungan Pemprov Lampung, kegiatan dapat berjalan dengan lancar.(Rls/Jf)