Wednesday, June 16, 2021

Kapal Roro Berlakukan Uang Elektronik

Most Read

radartvnews.com- Tanggal 15 agustus 2018, PT ASDP Indonesia Ferry Bakauheni efektif menerapkan sistem pembayaran nontunai atau cashless dalam pembelian tiket Ferry.Yakni penggunaan uang elektronik di Pelabuhak Merak-Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

Uang elektronik yang dapat digunakan merupakan milik empat bank yang tergabung dalam himpunan bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni uang elektronik Brizzi, Tap Cash, e-Money, Blink.

Penerapan sistem pembayaran nontunai ini untuk tahap awal berlaku bagi penumpang pejalan kaki, kendaraan roda dua dan kendaraan roda 4 kecil atau golongan empat.

Anton Murdianto General Manager ASDP Bakauheni menjelaskan, Penerapan sistem pembayaran nontunai menggunakan uang elektronik tidak hanya sebagai bentuk dukungan terhadap regulasi pemerintah terkait penyelenggaraan tiket angkutan penyeberangan secara elektronik atau gerakan nasional nontunai yang digulirkan Bank Indonesia. Hal ini sejalan dengan program transformasi digital yang tengah dilakukan PT ASDP.

“Uang elektronik yang dapat digunakan merupakan milik empat bank yang tergabung dalam himpunan bank milik BUMN yakni uang elektronik Brizzi milik Bank Republik Indonesia , Tap Cash Milik Bank Negara Indonesia, e-Money milik Bank Mandiri serta blink milik Bank Tabungan Negara,” ujar Anton.

Dengan metode pembayaran cashless diharapkan dapat lebih mengoptimalkan pendapatan penyeberangan, keakurasian manifest dan juga memudahkan pencatatan data transaksi keuangan menjadi lebih valid. Imbu Anton.

Cahyo salah satu pengguna jasa menyatakan,  metode ini tentu akan semakin memudahkan dalam bertransaksi serta dapat meminimalisir peredaran uang palsu.

Berdasarkan data produksi penyeberangan ASDP Seluruh Indonesia, hingga juni 2018 tercatat untuk jumlah penumpang pejalan kaki  mencapai 3.547.102 orang, roda dua mencapai 2.099.684 unit dan roda empat mencapai 1.122.688 unit.(mai/san)

 

berita menarik lainnya

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Ungkap Motif Pembakaran KM Sekar Tanjung I, Polisi Periksa 10 Saksi

Radartvnews.com - Kasus pembakaran KM Sekar Tanjung I oleh sejumlah nelayan di perairan Sukabanjar, Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung pada Mingu (13/6) lalu...

berita terkait lainnya