Thursday, June 17, 2021

Gempa Lampung, Waspada Guncangan Susulan

Most Read

radartvnews.com- Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5.3 skala richter, kamis 23 agustus 2018 pukul 10.44 WIB.

Melalui rilis resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) RI Gempa tersebut terletak dikoordinat 6,55 LS dan 103,45 BT pada jarak 159 Km arah selatan kota liwa, Kabupaten Lampung Barat. Pada kedalaman 44 Km namun tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Namun guncangan gempabumi ini hanya dirasakan ditiga wilayah di Provinsi Lampung diantaranya Liwa РLampung Barat II SIG-BMKG (III-IV MMI), Kota Agung РTanggamus I-II SIG-BMKG (II РIII MMI)  serta Krui РPesisir Barat I SIG-MKG (II MMI). Sementara hingga saat ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Berita Lainnya  Disdik Turun, Kepsek Cabut Edaran Pungli SDN1 Beringin Raya Gagal

Rahmat Triyono Kapala Pusat Gempabumi dan Tsunami menyebutkan, hasil analisis menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran sesar naik yang masuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng indo-australia ke bawah lempeng Eurasia.

Berita Lainnya  Polresta Buka Layanan SIM Penyandang Disabilitas

Dipastikan bahwa hingga saat ini belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock), sehingga masayrakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.(krp/san)

berita menarik lainnya

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Sopir Truk Maut Jadi Tersangka

Radartvnews.com -  Setelah dilakukan pemeriksaan, Suripto, sopir truk fuso maut dengan nomor polisi BE 2816 ditetapkan sebagai tersangka dalam kecelakaan yang menewaskan RP (23),...

berita terkait lainnya