Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Gempa Lampung, Waspada Guncangan Susulan

0
×

Gempa Lampung, Waspada Guncangan Susulan

Share this article
Gempa Lampung, Waspada Guncangan Susulan

radartvnews.com- Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5.3 skala richter, kamis 23 agustus 2018 pukul 10.44 WIB.

Melalui rilis resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) RI Gempa tersebut terletak dikoordinat 6,55 LS dan 103,45 BT pada jarak 159 Km arah selatan kota liwa, Kabupaten Lampung Barat. Pada kedalaman 44 Km namun tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Namun guncangan gempabumi ini hanya dirasakan ditiga wilayah di Provinsi Lampung diantaranya Liwa – Lampung Barat II SIG-BMKG (III-IV MMI), Kota Agung – Tanggamus I-II SIG-BMKG (II – III MMI)  serta Krui – Pesisir Barat I SIG-MKG (II MMI). Sementara hingga saat ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Rahmat Triyono Kapala Pusat Gempabumi dan Tsunami menyebutkan, hasil analisis menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran sesar naik yang masuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng indo-australia ke bawah lempeng Eurasia.

Dipastikan bahwa hingga saat ini belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock), sehingga masayrakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.(krp/san)