Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungPemprov Lampung

Gubernur Ridho Minta Asosiasi Arsiparis Dapat Bersinergi dengan Pemprov

0
×

Gubernur Ridho Minta Asosiasi Arsiparis Dapat Bersinergi dengan Pemprov

Share this article

radartvnews.com–Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo meminta Pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Wilayah Lampung dapat memajukan Asosiasi tersebut ke arah yang Iebih baik serta dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Pesan Gubernur tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Lampung, Hery Suliyanto usai menyaksikan Pelantikan dan Pengukuhan AAI Tingkat Wilayah Provinsi Lampung Periode 2018-2021, di Ruang Abung, Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Rabu (12/9/2018).

Hery mengatakan sesuai Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, tertulis bahwa arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Arsip juga dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan negara.

“Arsip memiliki manfaat yang sangat besar bagi semua unsur, karena arsip merupakan pelaksanaan informasi dan kegiatan yang di lakukan dimanapun dan kapanpun. Arsip perlu di kelola dengan baik sehingga arsip dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien,” ujar Hery.

Ia mengingatkan begitu pentingnya arsip dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa. Oleh sesab itu, diharapkan kepada pengurus AAI tingkat Wilayah Lampung yang baru saja dilantik dapat bekerja secara profesional. AAI Wilayah Lampung, lanjut Hery, diharapkan ikut membantu Pemprov Lampung untuk memperkuat pengelolaan Arsip dan membenahi arsip ditempat tugas masing-masing.

“Lebih dari itu tentunya diharapkan kepada anggota AAI tingkat Wilayah Lampung kiranya dapat berperan aktif memberikan usul saran untuk meningkatnya peran fungsi lembaga kearsipan dalam menumbuhkembangkan arti pentingnya arsip bagi suatu lembaga atau organisasi. Baik di lingkungan pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan,organisasi politik, organisasi kemasyarakatan maupun perorangan,” katanya.

Usai menyaksikan pelantikan, Hery melakukan penandatanganan atas serah terima Aplikasi e-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dari Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Arsip Nasional RI, Andi Kasman kepada Pemprov Lampung.

Andi Kasman yang juga Ketua Pengurus Nasional AAI mengatakan Arsiparis adalah seseorang yang profesional dan harus memiliki kompetensi dibidang kearsipan melalui pendidikan dan atas pelatihan. “Apakah arsiparis itu bekerja di pemerintahan, atau diluar pemerintahan, termasuk perorangan, jika memiliki kompeten dibidang kearsipan itu bisa dibilang arsiparis,” ujarnya.
Andi mengatakan kearsipan adalah menjadi salah satu prioritas nasional dalam RPJMN tahun 2015-2019. Ia menjelaskan salah satu tanggung jawab yang diberikan Pemerintah kepada pengguna kearsipan adalah bagaimana mengimplementasikan e-Arsip.

“Jadi tidak ada lagi yang namanya meninggalkan atau tidak terselesaikannya bentuk administrasi bila pimpinan berada diluar daerah. Jadi melalui gadget mulai dari surat sampai dengan disposisi atau penyusutan arsip bisa terlaksana. e-Arsip ini memudahkan dalam kerangka memberikan informasi yang terbuka maupun tertutup kepada publik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah AAI Lampung, Syamsul Hilal Ade menyampaikan AAI untuk di Lampung sendiri kepengurusannya baru terbentuk pada periode sekarang.

“Di Lampung AAI baru terlahir, kami berharap untuk dapat diterima penuh dengan persahabatan dan kebersamaan dalam memajukan dan meningkatkan potensi dalam bidang kearsipan demi kemajuan dan kebangaan Lampung,” ujarnya.

Syamsul kehadiran AAI Lampung tentu akan menjadi mitra untuk memajukan dan mengharumkan nama baik Provinsi Lampung khususnya bidang kearsipan. “Kita bekerjasama dengan Pemerintah, Swasta, Perguruan Tinggi dan juga Organisasi Masyarakat tentang kearsipan. AAI Wilayah Lampung akan bekerja dalam upaya pengelolaan arsip dinamis dengan baik dan benar serta untuk melaksanakan penyelamatan arsip statis, karena itu yang menjadi prioritas dan fokus perhatian bagi kami,” katanya.(Rls/Jf)