Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungPemprov Lampung

Wagub Bachtiar Apresiasi Digelarnya Forum Ilmiah Tahunan Ahli Kesehatan

1
×

Wagub Bachtiar Apresiasi Digelarnya Forum Ilmiah Tahunan Ahli Kesehatan

Share this article

radartvnews.com– Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri memberi apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan Forum Ilmiah Tahunan (FIT) Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Ke – IV, 17-18 Oktober 2018 mendatang, di Hotel Novotel Bandar Lampung.

Bachtiar mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan ini, karena selain menjadikan Lampung sebagai pilot project / daerah percontohan di bidang kesehatan ajang tersebut secara tidak langsung juga menjadi media promosi bagi Lampung khususnya pada sektor pariwisata. “Saya berharap Lampung mendapat promosi gratis dari perhelatan even ini, malah kita mendorong agar kegiatan nasional maupun internasional bisa di bawa ke Lampung,” ujarnya saat menerima Audiensi Pengurus IAKMI, Selasa (2/10/2018) di Rumah Dinas Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur juga memastikan akan menyiapkan segala bentuk dukungan fasilitas yang dibutuhkan guna mensukseskan even tersebut Dalam acara ini Gubernur Muhammad Ridho Ficardo bersama tiga Menteri Kabinet Kerja akan menjadi narasumber.

Ketiga menteri tersebut: Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S Brodjonegoro dan Menteri Pembangunan Desa, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandojo.Narasumber lain adalah Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris.

Sementara itu, Ketua Umum IAKMI Ridwan Mochtar Thaha menjelaskan,dalam kegiatan FIT IAKMI ini juga akan diselenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IAKMI ke XV, Rapat Kerja Tahunan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) XI serta JPHRC II Pergerakan Anggota Muda IAKMI (PAMI).

Ia menilai dipilihnya Lampung sebagai tuan rumah kegiatan ini disebabkan beberapa indikator yang bisa menjadikan Lampung sebagai daerah percontohan dalam bidang kesehatan. Indikator itu di antarabta inovasi bidang kesehatan melalui program mandi cuci kakus (MCK) di Lampung Selatan, kemudian keberhasilan Provinsi Lampung atas capaian imunisasi nasional yang hampir mencapai 90 persen juga karena Lampung memiliki lokasi yang strategis dengan antara Pulau Sumatera dan Jawa dimana hampir seluruh perguruan tinggi swasta berada diwilayah ini.

Selain itu, Ridwan menjelaskan Forum IAKMI nanti akan dihadiri lebih dari 1000 peserta dari seluruh Indonesia. Mereka akan membahas beberapa isu kesehatan di antaranya mengenai tembakau, pembiayaan kesehatan melalui BPJS dan situasi pelayanan kesehatan primer masyarakat. (Rls/Jf)