Friday, June 18, 2021

Gubernur Lampung Teken MoU Layanan Samsat Online Nasional

Most Read

Radartvnews.com- Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menghadiri kegiatan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait layanan samsat online nasional. Dalam kegiatan yang berlangsung di discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, Bali ini hadir menyaksikan secara langsung penandatanganan MoU Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Selain Gubernur Lampung, turut hadir pula 24 Gubernur dan direktur Utama Bank Pembangunan Daerah se-Indonesia.

Pada peenyampaiannya Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan, bahwa terobosan layanan samsat online ini diharapkan dapat mengurangi dan menghidari kebocoran sekaligus mempermudah wajib pajak memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor. Langkah ini juga untuk mengoptimalisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak kendaraan bermotor.

“layanan samsat online ini diharapkan dapat mengurangi dan menghidari kebocoran sekaligus mempermudah wajib pajak memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor,” jelas Ridho.

Masih kata Ridho langkah ini merupakan terobosan dalam mengoptimalkan peningkatan pendapatan dari sektor pajak.  Menurutnya  kesepatakan ini untuk pemberlakuan layanan e-samsat di tiap Provinsi. Lampung masuk tahap kedua pemberlakukan layanan berbasis IT. Sehingga wajib pajak dapat membayar pajak menggunakan layanan samsat online nasional (e-samsat) yang sebelumnya manual dan berpotensi praktek percaloan dan pungli.

Sementara itu Kapolri  Tito Karnavian mengatakan ini merupakan tahap kedua dalam pemberlakuan e-samsat yang dilaksanakan di 24 provinsi. Dimana tahap pertama dilaksanakan di tujuh provinsi sedangkan tahap kedua di 24 provinsi dan tahap ketiga dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.

“ layanan e-samsat berjalan baik diharapkan semua pembayaran pajak kendaraan bermotor berjalan optimal, tahap pertama dilaksanakan di tujuh provinsi sedangkan tahap kedua di 24 provinsi dan tahap ketiga dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia,” ungkap Tito.

Pada acara ini pula, Menteri Keuangan melalui Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi sangat mengapresiasi polri dan seluruh gubernur termasuk Gubernur Lampung yang menyukseskan layanan e-samsat di tiap Provinsi.(lih/san)

berita menarik lainnya

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Dokumen Adminduk Kirim ke Rumah, Terobosan Jempol Menunggu Bukti

Radartvnews.com –  Guna meningkatkan pelayanan dan menekan percaloan dalam pembuatan administrasi  kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran kembali melakukan terobosan. Teranyar, Disdukcapil Pesawaran...

berita terkait lainnya