Scroll untuk membaca artikel
Hukum dan Kriminal

Over Kapasitas, Warga Binaan Di Rotasi

1
×

Over Kapasitas, Warga Binaan Di Rotasi

Share this article

Kapasitas warga binaan yang berada di lapas kelas dua A Kotabumi, memiliki daya tamping maksimal sebanyak seratus tujuh puluh delapan orang. Namun berdasarkan sistem data pemasyarakatan, jumlah warga binaan kini mencapai empat ratus tiga belas orang, itu berarti warga binaan yang terdapat di lapas kelas dua A Kotabumi melebihi daya tamping, yaitu sebanyak dua ratus tiga puluh lima orang dari jumlah maksimal kapasitas daya tampung lapas.

Menyikapi persoalan tersebut, narapidana yang terlalu lama berada di dalam dan sulit untuk dikontrol. Pihak lapas mengeluarkan kebijakan, yaitu melakukan rotasi terhadap para napi tersebut. Dalam kurun waktu satu bulan, pihak lapas melakukan rotasi sebanyak dua hingga tiga kali dan para napi yang telah di rotasi tersebut akan dibawa ke lapas yang terdapat di kabupaten Way Kanan dan lapas Gunung Sugih.

Di tahun 2019 lapas kelas dua A Kotabumi memiliki prioritas yaitu minimum security dan memaksimalkan produksi serta berupaya untuk membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi. (Sas/Wo)