Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Gadget, Hambat Minat Baca Anak

1
×

Gadget, Hambat Minat Baca Anak

Share this article
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung mengajak para orang tua untuk berperan aktif dalam meningkatkan serta menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini

Radartvnews.com- Upaya dalam meningkatkan minat baca kepada anak harus dimulai dari lingkup keluarga. Pasalnya minat membaca berpengaruh besar terhadap kesuksesan anak sehingga perlu ditumbuhkan sejak dini.

Di era teknologi seperti saat ini, minat baca anak dinilai sangat rendah anak lebih memilih bermain gawai ketimbang membaca buku.

Hal ini disampaikan langsung oleh Riana Sari Arinal selaku bunda literasi Lampung saat menjadi narasumber dalam kegiatan pemasyarakatan literasi yang di inisiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung, kamis pagi (5/3).

Untuk meningkatkan minat baca anak sejak usia dini, orang tua memiliki peran penting selain langsung berhubungan dengan anak namun juga menjadi perpustakaan pertama bagi si anak.

“Perkembangan anak merupakan masa generasi emas, orang tua harus cerdas dan kreatif menjadikan waktu membaca sebagai kegiatan menyenangkan mulai dari membacakan buku sebelum tidur, serta membelikan buku cerita sehingga anak tidak lagi bermain gawai,” jelas Ariana Sari Arinal.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Ferynia menyebut kegiatan pemasyarakatan literasi sudah di mulai sejak tahun lalu dengan tujuan meningkatkan minat baca generasi muda.

“Kegiatan pemasyarakatan literasi sudah di mulai sejak tahun, untuk meningkatkan minat baca generasi muda,” kata Ferynia.

Dalam waktu dekat ini pemerinta pusat akan meluncurkan aplikasi khusus serta perpustakaan digital, sehingga meski anak bermain gawai namun tetap mendapatkan ilmu.(Krp/san)