Scroll untuk membaca artikel
PemilukadaWay Kanan

Covid-19, Aji Mumpung KPU Tambah Anggaran

1
×

Covid-19, Aji Mumpung KPU Tambah Anggaran

Share this article
Refki Darmawan Ketua KPU Kabupaten Way Kanan : teknis KPU siap melaksanakan pilkada pada desember 2020 namun masih menunggu regulasi dari KPU RI

Radartvnews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan secara teknis persiapan pelaksanaan pilkada 2020 tetap berjalan meski saat ini sedang tertunda akibat adanya pandemi covid-19.

Refki Darmawan Ketua KPU Kabupaten Way Kanan menjelaskan pada 27 mei 2020 sudah dilakukan kesepakatan antara Pemerintah Pusat, KPU RI, DPR RI untuk dilakukan penundaan pilkada sampai dengan 9 desember 2020. Secara teknis KPU siap melaksanakan pilkada pada desember 2020 namun masih menunggu regulasi dari KPU RI.

Sementara Itu di tengah pandemi virus corona KPU Way Kanan meminta anggaran tambahan untuk memfasilitasi perubahan protokol kesehatan. Penambahan anggaran nantinya untuk pengadaan perangkat kerja yang mendukung protokol kesehatan seperti apd dan perlngkapan cuci tangan.

Refki menambahkan kemungkinan juga akan ada penambahan TPS, yang semula 790 TPS dengan jumlah mata pilih 800 orang. Dengan memperhaikan protokol kesehatan maka dilakukan pengurangan jumlah mata pilih disetiap TPS menjadi 400 orang per TPS maka ada penambhan TPS hingga 1288 TPS.

Untuk tahapan pilkada akan dilakukan pada pertengahan juni dengan pengaktifan kembali badan adhoc PPK dan pelantikan PPS dengan cara online atau daring.(ded/san)