Monday, June 14, 2021

Pleno PPK Pilkada 2020, Golput Dominasi Tiga Kabupaten Kota

Most Read

Radartvnews.com- KPU Kota Bandar Lampung Jum’at siang (11/12) merealease hasil pengunaan aplikasi elektronik rekapitulasi (Sirekap) gerbang demokrasi  yang di gunakan sebagai alat bantu dalam penghitungan suara dari TPS produk KPU RI.

Dari 100 persen data yang masuk, tercatat hanya  447.759 atau 69% yang menggunakan hak pilihnya dari daftar pemilih tetap berjumlah  647.278  pemilih.

Sementara untuk pleno PPK  akan dilakukan serentak pada 12 desember 2020 di 20 kecamatan berdasarkan petunjuk PKPU RI dan saat ini KPU masih menyelesaikan pengiriman & upload data hasil penghitungan suara dari seluruh 1700 TPS melalui aplikasi sirekap yg pengirimannya langsung ke server KPU.

Sementara itu untuk partisipasi pemilih berdasarkan desk Kesbangpol, Situng Bawaslu dan lembaga survei Rakata Institute  terdapat dua daerah dengan partisipasi masyarakat tertinggi yakni Kota Metro dengan 84,93 persen versi desk pilkada Kesbangpol dan kabupaten Pesisir Barat 83,56 persen versi situng Bawaslu.

Berdasarkan lembaga survei Rakata Institute, tiga kabupaten yang tak penuhi target nasional. Namun masih berada di atas 70 diantaranya  pesawaran dengan partisipasi masyarakat 72,59 persen,  Waykanan 75,83 persen  dan Lampung Timur 70,38 persen.

Sementara  tiga daerah dengan partisipasi terendah di bawah 70 persen yakni Bandarlampung 69,98 persen berdasarkan hitung cepat Rakata Iinstitute, Lampung Tengah 68,59 persen dan Lampung Selatan 62,95 persen, berdasarkan desk pilkada Kesbangpol daerah masing-masing.

Tingkat Partisipasi Pilkada 2020

Kabupaten Kota  Persentase       Keterangan                Metro                 84,93 %                Partisipasi Tertinggi

Pesisir barat        83,56 %                sesuai target nasional

Pesawaran          72,59 %                sesuai target nasional

Waykanan          75,83 %                sesuai target nasional

Lampung Timur  70,38 %                sesuai target nasional

Bandarlampung   69,98 %                partisipasi terendah

Lampung Tengah 68,59 %                partisipasi terendah

Lampung Selatan62,95 %                partisipasi terendah

Catatan: target nasional partisipasi pemilih 70 persen

Sumber : Kesbangpol, Situng Bawaslu, Lembaga Survei Rakata

Koordinator divisi partisipasi masyarakat KPU Lampung Antoniyus mengatakan partisipasi tersebut masih berdasarkan hitung cepat, bukan hasil resmi yang dikeluarkan KPU.

Namun,  pihaknya akan mengevaluasi mengapa ada enam daerah yang tak bisa memenuhi target partisipasi nasional padahal ada dua daerah yang melampaui target.(rmd/san)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Tahun Depan Listrik Masjid di Bandar Lampung Gratis

Radartvnews.com - Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandar Lampung tengah menyusun Rencanangan Kerja Pembangunan Daerah tahun 2022. RKPD berisikan program...

berita terkait lainnya