Saturday, June 12, 2021

Tim SAK Itera Buktikan Unsur Batu Diduga Meteor

Most Read

Radartvnews.com– Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera (Itera) akan mengirimkan sejumlah peneliti ke lokasi penemuan diduga batu meteor yang terjadi Kamis malam sekira pukul 22:00 Wib di Desa Astomulyo Dusun 5, Kecamatan Punggur Lampung Tengah.

Dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAK) Itera Robiatul Muztaba menyatakan tim peneliti akan terjun langsung dan melakukan uji laboratorium  untuk memastikan unsur yang terkandung dalam batu yang diduga meteor.

Sampel batu akan diuji di laboratorium untuk memastikan apakah ada kandungan magnet dalam batu sehingga baru bisa dipastikan apakah benar meteor atau bukan.

”Kita uji terlebih dahulu di laboratorium, apakah batu tersebut sejenis di bumi atau dari luar angkasa, nanti malam mungkin kita sudah dapat hasilnya secara umum mengenai kebenaran akan unsur dalam batu,” kata Robiatul Muztaba.

Sementara itu untuk fenomena dentuman pihaknya pun belum bisa memastikan apakah berasal dari fenomena langit. Sebab bila hujan meteor seharusnya ada cahaya memanjang namun untuk siklus hujan meteor puncaknya sudah terjadi pada tanggal 3 hingga 4 januari.

Sekretaris Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) ini juga menambabhkan, hingga saat ini (29/1) batu yang diduga meteor dengan diamater berkisar 25 centimeter berat 2 kilogram tersebut masih berada di rumah warga.(rmd/san)

 

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Anggota TNI AU Tertembak Pistol Sendiri, Danlanud : Kami Mohon Maaf...

Radartvnews.com - Hasil penyelidikan Tim Gabungan POM TNI Angkatan Udara dan Polresta Bandar Lampung atas kasus penembakan anggota TNI AU oleh orang tidak dikenal,...

berita terkait lainnya