Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Rektor Pertama Itera Tutup Usia

6
×

Rektor Pertama Itera Tutup Usia

Share this article

Radartvnews.com-Segenap civitas akademika dan keluarga besar Institut Teknologi Sumatera berduka, pasalnya pada Rabu (9/6), pukul 06.55 WIB, Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., Ipu. M meninggal dunia. Ia meninggal usai menjalani perawatan di RSCM Kencana Jakarta karena komplikasi penyakit.

Prof Ofyar Z Tamin lahir di Medan, Sumatra Utara, pada 23 Agustus 1958. Beliau merupakan Rektor Pertama Itera sejak berdiri dan diresmikan Presiden pada 6 Oktober 2014 lalu.

Pangkat terakhir karirnya di dunia kependidikan yakni Golongan IV/E Pembina Utama.

Riwayat pendidikannya diawali dari Teknik Sipil ITB pada 1982, kemudian Program Master Transportasion Planning and Modelling, Imperial College London, Universtity of London, England pada 1985.

Selanjutnya, almarhum mengambil Program Doktor Bidang Transportation Planning and Modelling, Imperial College and University College London,  University of London, England.

Pasca lebaran, beliau dirawat karena kondisinya drop, sekira dua minggu jalani perawatan di ICU RSCM karena komplikasi diabetes, beliau juga ingin Itera ini dapat menjadi ‘center of excellence’ di Sumatra meskipun kampus baru, masih banyak gagasan yang digagas oleh Prof Ofyar untuk memajukan Itera.

Jenazah akan disemayamkan di Rumah Duka Kompleks Timah Kav. 17 Fatmawati Cilandak dan akan dimakamkan di Jakarta sore ini. Karangan bunga ucapan bela sungkawa terus berdatangan memenuhi sepanjang jalan pintu masuk Itera tampak beberapa dari pejabat tinggi daerah dan rektor universitas dan perguruan tinggi lainnya.(ang/san)