Wednesday, August 4, 2021

Setop Cuci Daging Sebelum Dimasak

Most Read

Radartvnews.com – Mencuci daging dengan cara yang tidak tepat dapat menyebabkan bakteri menyebar. Ahli gizi menyarankan daging segar untuk tidak dicuci sebelum dimasak atau disimpan pada lemari pendingin. Air yang digunakan untuk mencuci daging ayam dan daging sapi dapat menyebabkan bakteri menyebar.

Bakteri pada daging begitu tertanam pada daging tidak akan hilang meski dicuci berkali-kali. Langkah yang dianjurkan yaitu memasak daging dengan suhu tinggi.

Ahli gizi, dr. Tutik Ernawati mengatakan bahwa bakteri dalam daging mentah dapat disebarkan ke makanan lain, peralatan dan permukaan dapur, serta hal ini biasa disebut dengan kontaminasi silang.

Namun, jika keadaan daging sangat kotor boleh dicuci dengan menggunakan air mengalir, serta tidak merendam  daging karena dapat mengubah nutrisi atau kandungannya.

Diketahui juga, ketika gagal membersihkan area yang terkontaminasi akibat mencuci daging, dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare dan tifus.(sah/san)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Toko Alkes Isi Ulang Oksigen Bayar Sukarela

Radartvnews.com- Sejak tiga hari belakangan toko alat kesehatan Griya Medika dan lab yang berada di Jalan Radin Intan, Kecamatan Enggal Bandar Lampung, ramai dikunjungi...

berita terkait lainnya