Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Cuma Rp. 5 Juta, Dipaksa Pindah

0
×

Cuma Rp. 5 Juta, Dipaksa Pindah

Share this article

Pulau Tegal Mas merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di kecamatan Teluk Pandan, kabupaten Pesawaran, Lampung. Siapa yang tak tahu dengan keindahan pulau Tegal Mas, namun terselip cerita sedih dibalik keindahan pulau ini. Beberapa penduduk  diharuskan untuk pindah dari rumahnya dengan dalih bahwa tanah yang mereka injak merupakan tanah milik Tegal Mas. Uang sejumlah 5 juta rupiah dijadikan ganti rugi.

Saat ditemui disela-sela kegiatan membuat perahu, Sofyan, warga asli pulau Tegal Mas, menerangkan bahwa ada beberapa warga yang diberi uang 5 juta rupiah oleh Thomas, pemilik Tegal Mas. Pemberian uang tersebut merupakan ganti rugi bagi para warga yang harus angkat kaki dari tanah milik Tegal Mas.

Saat ditanya mengenai seberapa besar kontribusi Tegal Mas bagi para penduduk pulau, Sofyan menjawab, tak banyak kontribusi yang dirasakan oleh para penduduk. Sejak awal seluruh fasilitas yang ada merupakan sumbangan dari warga dan para donatur, pemerintah pun seperti tutup mata dengan keadaan pulau ini. Saluran listrik yang ramai diberitakan merupakan bantuan dari manajemen pulau Tegal Mas, nyatanya merupakan bantuan dari donatur.

Para penduduk berharap agar pemerintah daerah ataupun kabupaten memberikan bantuan bagi para penduduk pulau, khususnya bagi pendidikan bagi anak anak pulau Tegal Mas, karena separuh wilayah kini sudah berada ditangan manajemen Tegal Mas. (Put/Ri)