Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Pemprov Lampung Bekerja Sama Dengan KAI Wujudkan Percepatan Perkeretaapian Lampung

2
×

Pemprov Lampung Bekerja Sama Dengan KAI Wujudkan Percepatan Perkeretaapian Lampung

Share this article
Pemprov Lampung Bekerjasama Dengan KAI Wujudkan Percepatan Perkeretaapian Lampung
Pemprov Lampung Bekerjasama Dengan KAI Wujudkan Percepatan Perkeretaapian Lampung

radartvnews.com – Pemerintah Provinsi Lampung  bekerjasama dengan PT KAI sepakat untuk mewujudkan percepatan pembangunan Pengembangan Perkeretaapian di Lampung. Kesepakatan ini merupakan hasil dari Focus Group Discussion (FGD) Akselerasi & Integrasi Pengembangan Perkeretaapian Lampung.

Kesepakatan yang dicapai antara lain Percepatan pembangunan Jalur Ganda Kereta Api lingkar luar (Longcut) khusus KA Industri Rejosari-Tarahan, percepatan pembangunan KA Bandara Radin Inten II (Stasiun KA dan Sky Bridge) Branti-Tanjungkarang. Percepatan pembangunan Double Track Cempaka-Rejosari, mendorong pembangunan Dry Port Way Kanan yang terkoneksi dengan Pelabuhan Panjang. Selain itu pengembangan jalur Kereta Api yang terkoneksi dengan Kawasan Industri prioritas Provinsi Lampung (Terbanggi Besar-Simpang Pematang), Pengembangan Kereta Api perkotaan (Bandarlampung-Rejosari-Pesawaran-Pringsewu dan Tanjungkarang-Tegineneng-Metro) dan Reaktivasi akses jalur KA menuju Pelabuhan Panjang.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Lampung  yang dibacakan oleh Asisten Bidang Administrasi  Umum  Hamartoni  Ahadis menyampaikan FGD ini sebagai forum untuk membangun sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/ Kota dan PT KAI.

“Saya berharap kepada setiap pemangku kepentingan pembangunan dapat memberikan dapat memberikan kontribusi konkrit dan implementatif dalam upaya percepatan pengembangan perkeretaapian di Lampung dapat terwujud demi kesejahteraan masyarakat Lampung”.

Sementara itu, Ketua Panitia Executive  Vice president Divisi regional IV Tanjung Karang  Suryawan Putra HIA menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Lampung atas perhatiannya terhadap pembangunan perkeretaapian di Provinsi Lampung.

“FGD ini merupakan tindak lanjut dari audiensi  PT KAI dengan Gubernur Lampung yang dilaksanakan pada tanggal 6 april 2017 lalu, sebagai langkah untuk mengatasi peningkatan pertumbuhan industri, mendesaknya angkutan penumpang.” (Rls)