Scroll untuk membaca artikel
Lampung Utara

Capaian Penyediaan Air Minum Rendah

1
×

Capaian Penyediaan Air Minum Rendah

Share this article

Rendahnya capaian penyediaan air minum disebabkan banyak faktor, salah satunya kurangnya peran serta masyarakat dalam memaksimalkan program penyediaan air minum yang telah diberikan oleh pemerintah.

Koordinator program Pamsimas Lampung, Robert Irwan mengatakan, capaian kinerja  penyediaan air minum di Lampung utara masih 63% dan semestinya di RPJMN tahun ini sudah mencapai 100%. Kendala yang dihadapi, salah satunya kurangnya koordinasi antar instansi pemerintah daerah.

Menurut Robert, melalui sosialisasi kabupaten tentang program Pamsimas untuk memberikan pemahaman kepada kepala desa tentang tujuan progra, sasaran, sumber pembiayaan, siklus program, serta hak dan kewajiban masyarakat. Kemudian dilihat dari partisipasi dan transparansi masyarakat.

Sementara itu Kabid Prasarana Bappeda menjelaskan, sosialisasi yang dilaksanakan Pemkab Lampung Utara, merupakan tahap awal dalam pelaksanaan program Pamsimas ditahun mendatang,  agar masyarakat terus berminat dalam program tersebut.

Kedepannya diharapkan kesadaran masyarakat Lampung Utara khususnya, betapa pentingnya menjaga sumber daya air yang ada. (Sas/Wo)