Scroll untuk membaca artikel
NasionalUtama

Survei Charta Politika : Ganjar Kuasai Lampung dan Sumsel, Prabowo Unggul Di Sumut

2
×

Survei Charta Politika : Ganjar Kuasai Lampung dan Sumsel, Prabowo Unggul Di Sumut

Share this article
DOMINASI : Charta Politika melansir hasil survei elektabilitas capres tertinggi di Lampung, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. (Foto Net)

JAKARTA : Charta Politika melansir hasil survei elektabilitas calon presiden di Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara Tahun 2022.

Survei di tiga provinsi dengan jumlah pemilih tertinggi di Pulau Sumatera ini dilakukan mulai 2 – 7 Juni 2022, dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden dengan margin of error 3,46 % perprovinsi.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat.

”Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen,” papar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dilansir pada laman https://www.chartapolitika.com/ Rabu 6 Juli 2022.

Hasilnya sangat mencengangkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengantongi elektabilitas capres tertinggi di Lampung dan Sumatera Utara.

Berdasarkan survei di 3 provinsi tersebut, Yunarto menyimpulkan terjadi hasil yang berbeda. Dia menyebut di Provinsi Sumatera Selatan, nama Prabowo Subianto sangat mendominasi dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

“Prabowo Subianto sangat mendominasi pilihan publik Sumatera Selatan sebagai calon Presiden. Dalam simulasi yang diberikan, pilihan terhadap Prabowo Subianto jauh berada di atas nama-nama lainnya. Sementara pada urutan berikutnya diikuti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo,” ucap Yunarto.

Sementara itu, Yunarto menyebut, pada Provinsi Lampung dan Sumatera Utara, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas lebih tinggi dari Prabowo dan Anies. Dia menyebut di kedua provinsi tersebut elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies meninggalkan tokoh lainnya.

Elektabilitas Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto berada jauh di atas nama-nama lainnya pada simulasi 10 nama lain.

Adapun nama capres lain Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, Ridwan Kamil,
Puan Maharani, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa dan Airlangga Hartarto. (TIM)

Survei di Provinsi Lampung : 

Ganjar Pranowo 32,3%
Prabowo Subianto 31,6%
Anies Baswedan 14,6%
Agus Harimurti Yudhoyono 3,4%
Sandiaga Uno 2,3%
Ridwan Kamil 2,0%
Erick Thohir 1,3%
Puan Maharani 1,0%
Airlangga Hartarto 0,6%
Khofifah Indar Parawansa 0,1%
TT/TJ 10,9%

 

Survei di Provinsi Sumsel : 

Prabowo Subianto 41,9%
Anies Baswedan 19,4%
Ganjar Pranowo 16,1%
Sandiaga Uno 7,5%
Agus Harimurti Yudhoyono 3,5%
Ridwan Kamil 2,4%
Puan Maharani 1,6%
Erick Thohir 1,4%
Khofifah Indar Parawansa 0,4%
Airlangga Hartarto 0,1%
TT/TJ 5,8%

Survei di Provinsi Sumut : 

Ganjar Pranowo 24,6%
Anies Baswedan 23,8%
Prabowo Subianto 23,4%
Sandiaga Uno 4,3%
Agus Harimurti Yudhoyono 3,5%
Puan Maharani 2,1%
Ridwan Kamil 1,3%
Airlangga Hartarto 1,2%
Erick Thohir 0,9%
Khofifah Indar Parawansa 0,4%
TT/TJ 14,5%