Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Manuver di Langit Lampung, 7 Pesawat JAT TNI AU Memukau Warga

4
×

Manuver di Langit Lampung, 7 Pesawat JAT TNI AU Memukau Warga

Share this article
Pesawat JAT melakukan manuver udara disaksikan langsung oleh pelajar dan masyarakat di sekitar bandara Radin Inten II.

LAMPUNG SELATAN- Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI Angkatan Udara (AU) tiba di Bandara Radin Inten II Lampung, Senin 29 Mei 2023.

Sebelum landing, tujuh pesawat dari JAT  ini melakukan manuver udara disaksikan langsung oleh pelajar dan masyarakat di sekitar bandara.

Beberapa kali Jupiter Aerobatic Team menunjukkan aksi di langit Lampung yang dipimpin langsung oleh leader Jupiter Aerobatic Team Letkol Pnb Ripdho “Mohawk” Utomo.

Setalah melakukan manuver udara, JAT disambut langsung oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pangeran M Bun Yamin Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto.

Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto  mengatakan, pihaknya kedatangan tamu kehormatan dari TNI Angkatan udara Jupiter Aerobatic Team merupakan satu-satunya team aerobatik yang dimiliki Indonesia.

“Kita kedatangan tamu kehormatan dari TNI Angkatan udara. Jupiter Aerobatic Team merupakan satu-satunya team aerobatik yang dimiliki Indonesia,” ungkap Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto.

Danlanud yang memimpin pangkalan di wilayah Tulang Bawang ini mengatakan manuver yang dilakukan JAT di langit Lampung merupakan perintah dari Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

“Ini merupakan perintah dari KASAU, Sebelum ke Lampung JAT mengikuti ajang Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2023 semacam kegiatan Air show di Malaysia,” imbuhnya.

Sementara itu, leader Jupiter Aerobatic Team Letkol Pnb Ripdho “Mohawk” Utomo, mengatakan saat melakukan manuver di Langkawi tim aerobatik berstandar Internasional ini menampilkan 14 manuver. Namun, saat pertunjukan di Lampung hanya beberapa yang ditampilkan.

“Walaupun sedikit semoga dapat menggugah semangat cinta dirgantara kepada khususnya pada hadirin yang sudah hadir di sini,” ujar Letkol Pnb Ripdho “Mohawk” Utomo.

Selain JAT ada beberapa tim aerobatik dari negara lain seperti Rusia, China, Korea dan Uni Emirat Arab.(jps/san)