Scroll untuk membaca artikel
Wisata Lampung

Ini 10 Destinasi Wisata Air Terjun Terbaik di Lampung yang Patut Kamu kunjungi, Lengkap Rute dan Panduannya

147
×

Ini 10 Destinasi Wisata Air Terjun Terbaik di Lampung yang Patut Kamu kunjungi, Lengkap Rute dan Panduannya

Share this article
10 Air Terjun Terbaik di Lampung

LAMPUNG-Menikmati wisata alam menjadi hoby tersendiri para travelers terutama yang menyukai suasana pegunungan dan cuaca sejuk. Dimana wisata alam air terjun menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang banyak diminati.

Saat berwisata air terjun di sekeliling wisata ini memiliki pemandangan pepohonan yang rindang sehingga menghasilkan udara yang sejuk.

Selain itu air yang mengalir di air terjun sangat segar dan dijatuhkan dari ketinggian, percikan air yang tersapu angin menambah dingin suasana, membuat udara terasa basah, tidak heran jika dikawasan air terjun suasananya terasa dingin.

Berikut ini beberapa informasi menarik mengenai 10 Air Terjun Terbaik yang rekomended untuk tujuan wisata di Provinsi Lampuing dan sayang sekali untuk dilewatkan ketika Anda sedang berada di Lampung.

 

1. Air Terjun Putri Malu

Eksotisme Air Terjun Putri Malu

Air terjun putri malu merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun tersembunyi di Way Kanan. Tetapi air terjun ini sangat berbeda dengan curup yang lain di way kanan. Baik dari segi bentuk maupun ketinggiannya. Air Terjun Putri Malu memiliki tinggi 85 meter , sehingga sulit untuk di akses, objek wisata ini kini sudah dikelola meski akses jalan menuju lokasi masih cukup ekstrim.

Saat menjelajahi alam Way Kanan wisatawan dianjurkan dipandu guide dari penduduk lokal. Ini karena Trekking menuju air terjun akan melewati perbukitan dengan pesona hutan register jadi harus benar-benar siap untuk berpetualang.

 

2. Air Terjun Curup Gangsa

Curup Gangsa yang mempesona

Curup Gangsa berada di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung memang terkenal sebagai destinasi wisata air terjun nan Indah Mempesona. Air terjun ini tak kalah eloknya jika dibandingkan dengan air terjun Putri Malu yang sudah tersohor lebih dulu.

Curup Gangsa memiliki aliran air yang sangat deras ini berada di Tanjung Jaya Kotaway, Kasui, Way Kanan. Jika dari pusat Kecamatan Kasui, jarak air terjun ini sekitar 10 km. Sedangkan jika dari Ibukota Bandar Lampung jaraknya sekitar 181 km dengan waktu tempuh normal sekitar 3 jam setengah.

Jika anda dari Bandar Lampung, bisa menggunakan transportasi umum bus tujuan Kasui. Anda juga bisa menaiki travel jurusan Kasui. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Bandar Lampung setelah keluar Pintu Tol Terbanggi anda harus menuju ke Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan terlebih dahulu. Kemudian dari situ anda melanjutkan perjalanan menuju Kasui sebelum menuju titik lokasi Curup Gangsa.

Sesampainya di air Terjun Curup Gangsa, anda akan disambut dengan suara gemuruh air yang jatuh. Suara tersebut cukup keras karena debit air curup Gangga cukup besar. Namun sebelum tiba di air terjun terbelih dahulu harus menuruni anak tangga sebanyak kurang lebih 60 sampai 70 anak tangga.

 

3. Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan merupakan salah satu air terjun menakjubkan yang terletak di Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Aliran air yang deras dan juga suasana alam yang masih asri adalah sajian panorma alam yang harus anda kunjungi.

Air Terjun Way Lalaan terletak di kaki Gunung Tanggamus, mata airnya bersumber dari kawasan hutan di dalamnya. Hal ini menyebabkan kondisi air masih jernih dan segar. Keindahan air terjun ini juga tak kalah dengan  air terjun lembah pelangi dan juga air terjun putri malu di Way Kanan.

Air Terjun Way Lalaan sendiri Memiliki Dua Lokasi Yakni Air Terjun Way Lalaan Satu dan Air Terjun Way Lalaan Dua. Kedua Air terjun ini sama jernih dan indah, meski Air Terjun Way Dua Terbilang Tinggi. Akses jalan ke Air Terjun Way Lalaan dua lebih jauh sedikit, sementara Way Lalaan 1 lebih mudah dijangkau.

 

4. Air Terjun Curug Tujuh

Air Terjun Curug Tujuh

Eksotisme Air Terjun Curug Tujuh Lampung Tengah ini tidak boleh anda lewatkan. Berada di dalam kawasan hutan, suasana alam dan kesejukan begitu terasa saat berada di lokasi ini, selain itu juga curug Tujuh masih sangat jarang dijamah oleh manusia sehingga masih sangat alami.

Air terjun ini terletak di Desa Marga Jaya, Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah. Warga sekitar juga menamai air terjun ini dengan mama Air Terjun Marga Jaya. Lokasinya cukup jauh dari perkampungan dan juga kota.

Dari kota Bandarlampung perjalanan ke Lampung Tengah berkisar antara 1 sampai  2 jam keluar melalui Pintu Tol Gunung Sugih. Kemudian memasuki rute jalan umum ke arah Selagai Lingga. Untuk rute perjalanan menuju Air Cerjun curug Tujuh Lampung dari Gunung Sugih Lampung Tengah, perkiraan berjarak hingga 40 km dengan waktu tempuh selama 1 hingga 2 jam.

Dari Gunung Sugih anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan roda dua lebih disarankan ketimbang roda empat dari perkampungan menuju titik lokasi curug tujuh karena kondisi jalan yang kurang bagus. Apalagi anda harus melintasi kawasan hutan lindung register 39.

 

5. Air Terjun Batu Lapis

Air Terjun Batu Lapis atau nama lain Arter Batu Gunung

Air Terjun Batu Lapis berada di Pekon Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Air Terjun Batu Lapis juga dikenal dengan nama lain yakni Air Terjun Gunung Batu.

Rute menuju Air Terjun Batu Lapis sama dengan rute menuju Taman Hutan raya Lampung, yang menawarkan keindahan rumah pohon. Jarak dari Taman Hutan raya hanya sekitar 2 kilometer saja. Di Taman Hutan raya, terdapat jasa angkutan ojek yang bisa mengantar pulang-pergi pengunjung. Akses jalan untuk sampai di Air Terjun Batu Lapis baiknya menggunakan sepeda motor. Supaya trekkingnya tidak terlalu jauh. Sebetulnya bagi yang sudah tahu jalurnya, serta ahli dalam mengendarai sepeda motor, maka bisa langsung bisa parkir di dekat lokasi Air Terjun Batu Lapis. Namun bagi yang belum pernah, baiknya melakukan trekking saja. Apalagi jika musim hujan, jalanannya akan menjadi licin, ditambah di samping kanan merupakan tepian jurang yang belum ada pagar pembatas.

Keseruan lebih terasa jika melakukan trekking, meskipun jauh, namun di sepanjang jalan akan tersaji view alam yang begitu menawan. Udaranya juga sangat sejuk, jauh dari polusi perkotaan. Selain itu, banyak juga lokasi yang bisa dijadikan sebagai spot selfie dengan latar alam yang sangat indah, dan layak diposting di media sosial kalian.

Jika melakukan trekking tidak akan terasa nilai ekstrimnya. Namun jika naik sepeda motor, akan terasa ngeri-ngeri sedap. Kondisi motor, terutama bannya sangat menentukan sekali.