Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Gajah Liar Geruduk Kebun Warga Semaka

4
×

Gajah Liar Geruduk Kebun Warga Semaka

Share this article
kawanan Gajah liar di TNBBS yang kerab masuk ke perkebunan milik warga

Lagi, sekawanan gajah liar menyerang masuk ke perkebunan milik warga di Pekon Sedayu Kecamatan Semaka Tanggamus, Lampung.

Aksi kawanan Gajah liar ini kerap berulang datang masuk merusak kebun warga. Dimana terdapat delapan ekor gajah yang masuk ke perkebunan warga senin (31/72023) malam.

Menanggapi aksi kawanan gajah liar ini, Kepala Pekon Sedayu, Sadi Fredianto menjelaskan, kawanan gajah sudah masuk dari bagian shelter Sukaraja Taman Nasional di wilayahnya.

“Ada delapan ekor gajah pak yang masuk ke perkebunan warga senin malam,” ungkap Sadi saat dihubungi via telpon, Rabu (2/8/2023).

Sadi juga menceritakan bila warganya mengetahui beradaan kawanan gajah liar ini masuk ke perkebunan warga sejak pukul 17.30 WIB.

“Warga saya mengetahui gajah masuk dari sebelum maghrib kurang lebih pukul 17.30 WIB lah,” ujarnya.

Bersama warga pekon dirinya langsung melakukan penjagaan di wilayah masuknya gajah itu ke perkebunan yang dikhawatirkan masuk ke perkampungan.

Sadi mengaku, warga Pekon Sedayu sendiri sudah mulai berjaga di lokasi sejak pukul 18.30 WIB. Dirinya juga sudah memberitahukan petugas TNBBS terkait kedatangan kawanan Gajah liar tersebut.

“Sudah siap di lokasi dari habis magrib hingga subuh tadi melakukan pemantauan gajah, sudah koordinasi juga,” jelasnya.

Sadi menjelaskan, awalnya kawanan gajah liar sempat memasuki kebun milik jagung milik warganya.

Warga pun sempat mencoba untuk mengusir kawanan gajah tersebut namun kawanan gajah liar itu tidak menggubrisnya.  Malah gajah-gajah liar itu sempat melakukan pengejaran kepada warga yang mencoba mengusir mereka dari kebun jagung tersebut.

“Sempat coba diusir sama warga saya tapi ya gajahnya gak mau malah balik ngejar warga,” ujarnya.

Sadi Fredianto mengatakan, kawanan gajah ini memang sering masuk di wilayah Pekon Sedayu Kecamatan Semaka Tanggamus, Lampung. Empat bulan sebelumnya kawanan gajah juga pernah masuk ke wilayah perkebunan milik warga.

“Biasanya sampai bertahun-tahun gajah liar itu tidak masuk kalua sudah ke perkebunan warga, ini baru empat bulan sudah ada lagi,” ucapnya.

Sadi menjelaskan, kemungkinan warga bersama tim satgas TNBBS akan terus melakukan penjagaan sampai dipastikan kawanan gajah liar tidak datang lagi ke perkebunan warga. (*)