Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Lampung Buka Tujuh Trayek Perintis

7
×

Lampung Buka Tujuh Trayek Perintis

Share this article
Kepala BPTD Kelas II Lampung Bahar Latif.

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung mencatat, pada 2023 ada tujuh trayek angkutan darat perintis yang melayani masyarakat di daerah yang belum terlayani moda transportasi.

Kepala BPTD Kelas II Lampung Bahar Latif, merinci layanan angkutan darat perintis di tujuh trayek tersebut meliputi trayek Bandar Jaya-Kalirejo, Kebun Tebu-Liwa, Natar-Margomulyo, Dayamurni-Simpang Propau, Rajabasa-Kejabung, Negara Batin-Panaragan dan Pringsewu-Sendang Agung.

Untuk angkutan perintis ini dikelola oleh Damri dan ada subsidi yang diberikan oleh pemerintah pusat sekitar kurang lebih 50 persen dari nominal sewa angkutan.

Tujuh trayek tersebut akan beroperasi maksimal dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun.

“Ketika sudah tiga tahun, biasanya akan pihaknya awasi apakah ada perkembangan. Bila sudah siap mandiri maka subsidi akan dialokasikan ke lokasi lain yang membutuhkan, Biasanya subsidi berjalan satu tahun operasional sajan” jelasnya.

Dana yang dialokasikan oleh pemerintah pusat untuk subsidi trayek angkutan perintis berjumlah Rp4,53 miliar.

“Subsidi angkutan perintis ini bertujuan untuk memberikan keringanan terkait biaya transportasi kepada masyarakat di daerah yang belum memiliki akses moda transportasi dan untuk menambah kenyamanan sudah ada juga terminal tipe a yang berada di bawah naungan dan telah disiapkan,” imbuhnya.(*)