Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

Sah ! Prof Taufik Marwa Terpilih Jadi Rektor Unsri Periode 2023-2027, Berikut Profilnya

29
×

Sah ! Prof Taufik Marwa Terpilih Jadi Rektor Unsri Periode 2023-2027, Berikut Profilnya

Share this article
Rektor Unsri terpilih Periode 2023-2027, Prof Dr.Taufik Marwa, S.E.,M.Si (Dok Unsri)

RADARTVNEWS.COM – Setelah melalui proses Panjang mulai dari penjaringan, pemaparan visi-misi calon rektor hingga pemilihan senat dan perwakilan kemendikbudristek, Prof Dr Taufik Marwa, SE. M.Si resmi terpilih sebagai Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) periode 2023-2027.

Prof Taufik Marwa sendiri sebelumnya merupakan wakil rektor bidang umum, kepegawaian, dan keuangan Unsri.

Usai pemungutan suara secara tertutup di Graha Sriwijaya, Bukit Besar Unsri, Senin (7/8/2023). Taufik yang yang unggul dengan 83 suara dari total yang terkumpul 117 suara sah terpilih Sebagai Rektor Unsri.

Sementara dua kandidat calon rektor yakni Prof Dr Iskhak Iskandar, M.Sc yang merupakan Kepala LLDIKTI Wilayah II dan Prof Alfitri yang merupakan Dekan FISIP Unsri. Masing-masing dari mereka mendapatkan 18 dan 15 suara. Sedangkan satu suara dinyatakan tidak sah karena salah contreng.

Ketua panitia Pemilihan Rektor Unsri, Prof Dr Jhoni Emirzon mengatakan bahwa setelah serangkaian kegiatan pemilihan, hari ini merupakan puncak dari pemilihan rektor Unsri. “Pemilihan Rektor Unsri dimulari dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Dari hasil pemungutan suara sebanyak 117 suara, Prof Dr Taufik Marwa meraih 83 suara,” jelas Jhoni.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek, Prof Tjitji Sri Cahyandari mengucapkan selamat atas terpilihnya Rektor Unsri yang baru. “Pemilihan Rektor Unsri yang berjalan baik, lancar, dan kondusif seperti inilah yang diharapkan Kementerian,” ujarnya.

Menurut Tjitji Sri hasil pemilihan ini akan disampaikan ke Kementerian. Proses penetapan Rektor terpilih sesuai dengan masa jabatan Rektor saat ini berakhir.

“Berakhirnya Rektor saat ini pada 26 September 2023 mendatang. Jadi sebelum berakhir, akan dilantik Rektor baru oleh Kementerian. Kalau Mas Menteri (Nadiem Makarim) nggak bisa nanti diberi kuasa kepada Sekretaris Jenderal,” lanjutnya

Sementara itu, Prof Dr Taufik Marwa, SE. M.Si mengatakan dalam suatu pertandingan atau perlombaan, pemenang pasti merasa gembira. Namun, tentu di balik kemenangan itu ada tanggung jawab yang harus diemban.

“Di balik kegembiraan sebagai seorang pemenang saya sudah terbayang tugas dan tanggung jawab yang sangat berat ke depannya untuk membawa Unsri lebih maju,” ujarnya.”Apa yang saya janjikan waktu pemaparan program visi dan misi saya itu adalah janji. Janji adalah utang dan itu merupakan tanggung jawab saya dan ini adalah janji yang sangat berat,” sambungnya.

Profil Prof Dr Taufik Marwa, SE. M.Si

Lahir di Kota Daro, pada Tanggal 24 Desember 1968. Menamatkan Sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya pada Tahun 1992. Menyelesaikan program Magister pada Universita Syiah Kuala di Aceh pada Tahun 1996. Menyelesaikan program Doktoral bidang Ekonomi pada Universitas Padjajaran Tahun 2001.

Mengawali karir sebagai Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan pada Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya pada tahun 2007 – 2011. Kemudian Sebagai Pembantu Dekan I Fakultas Ekonomi Unsri pada Tahun 201o-2013. Menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Unsri selama dua periode berturut-turut Tahun 2013-2017 dan 2017-2020. Menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Umum, Kepegawaian dan Keuangan dari Tahun 2020 hingga sekarang.

Rekognisi atau penghargaan yang diraih yakni sebagai ketua program studi terbaik tingkat Universitas pada tahun 2009. Satyalancana Karya Satya X Tahun pada tahun 2009. Sebagai Dosen Teladan Fakultas Ekonomi Unsri pada Tahun 2010.

Lalu sebagai Best Presenter Award Seminar Hasil Penelitian Desentralisasi 2013 pada Tahun 2013. Satyalancana Karya Satya XX Tahun pada tahun 2019.(*)