Scroll untuk membaca artikel
Hukum dan Kriminal

Tegas, Pihak STKIP PGRI Langsung Copot Dosen Diduga Nodai Mahasiswi

41
×

Tegas, Pihak STKIP PGRI Langsung Copot Dosen Diduga Nodai Mahasiswi

Share this article
USUT TUNTAS : Kuasa hukum STKIP PGRI Bandarlampung M. Agung Nughraha memastikan mendukung Polda Lampung mengusut laporan dugaan asusila dosen terhadap mahasiswi. (Foto Jeni PS)

BANDARLAMPUNG : Pihak kampus Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Bandarlampung bergerak cepat atas laporan dugaan pencabulan oleh oknum dosen kepada seorang mahasiswinya.

Pihak kampus sudah melakukan klarifikasi atas dosen HS pada Selasa 8 Agustus 2023, atau 4 hari setelah laporan korban N ke Polda Lampung.

Dalam klarifikasi tertutup selama tiga jam lebih, dosen jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tersebut membenarkan dan mengakui tindakan senonoh kepada mahasiswi yang baru duduk di semester dua.

”HS dosen terlapor telah mengakui dan menandatangani berita acara dan klarifikasi, dihadapan pihak kampus,” ujar M. Agung Nugraha, kuasa hukum kampus STKIP PGRI Bandarlampung, kepada wartawan, Rabu 23 Agustus 2023 petang.

Atas dasar pengakuan terjadinya dugaan tindak pidana tersebut, pihak ketua STKIP PGRI Bandarlampung telah menerbitkan SK No. 31/KPTS/STKIP-PGRI/BL/Q/2023 tanggal 9 Agustus tentang pembebasan tugas dan pencabutan sementara wewenang jabatan.

”Kepada yang bersangkutan sudah dibebas tugaskan dan pencabutan sementara wewenang jabatan. Surat sudah diterima beliau,” kata Agung.

Menurutnya, pihak kampus sudah bentuk tim khusus untuk melakukan apa yang harus dilakukan. ”Ini bentuk keseriusan dari kampus dalam tangani maslaah dimaksud,” jelasnya.

Pihak kampus menyerahkan masalah pidana ini sepenuhnya kepada kepolisian dan sangat kooperatif atas apa yang diminta kepolisian dan pihak terkait untuk kepentingan hukum.

”Terlepas peristiwa ini ternyata sudah ada laporan dugaan tindak pidana sesuai pasal 294 ayat 2  KUHP, maka kami dari kampus serahkan sepenuhnya kepada kepolsian dan bersifat kooperatif,” tandasnya.