Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

BPS: Tindak Pedagang Beras Nakal

4
×

BPS: Tindak Pedagang Beras Nakal

Share this article
HET Tetapkan, Pedagang Masih Jual Beras Dengan Harga Tinggi

radartvnews.com- Berdasarkan hasil pantauan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung, sejumlah pedagang dipasaran masih menjual beras diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu Rp9.450 / kilo untuk beras jenis medium dan Rp12.800 / kilo untuk harga beras premium.

Kepala BPS Lampung Bambang Widjonarko mengatakan, bahwa harga beras dipasaran umumnya masih belum sesuai dengan HET yang ditetapkan. Misalnya harga beras medium dijual Rp 9.800 / kilo yang dijual dipasaran.

“ sejak 1 September 2017 HET sudah kita tetapkan tapi pedagang masih jual beras dengan harga tinggi,” ujar Bambang, (2/10). Pemerintah telah serius dalam menerapkan kebijakan tersebut dan pedagang-pedagang yang masih belum bertindak sesuai aturan harus dotindak tegas, tambah bambang.

Jika kebijakan diberlakukan secara tertib, instrument HET ini diharapkan dapat meredam gejolak kenaikkan harga beras dipasaran sekaligus menekan inflasi karena harga beras ini merupakan salah satu komoditi penyumbang inflasi terbesar, tutup bambang. (liz/sep)