Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Dinihari, Gerhana Bulan Total Terlama

3
×

Dinihari, Gerhana Bulan Total Terlama

Share this article
Dinihari, Gerhana Bulan Total Terlama

radartvnews.com- Gerhana bulan total pada 28 juli 2018 dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.  Gerhana bulan ini tergolong unik karena diperkirakan memiliki fase totalitas terlama untuk masa hingga lebih dari 100 tahun ke depan. Fase totalitas gerhana bulan ini akan berlangsung selama 103 menit.

Menurut pernyataan resmi yang dikeluarkan BMKG pada  proses gerhana dimulai ketika piringan bulan mulai memasuki penumbra bumi yaitu pada pukul 00.13 WIB, setelah itu kecerlangan bulan menjadi sedikit lebih redup dibandingkan dengan sebelum gerhana terjadi.

Hal ini ditandai dengan meredupnya bagian bulan yang mulai memasuki umbra bumi. Semakinlama bagian yang gelap ini menjadi semakin besar  hingga akhirnya seluruh piringan bulan memasuki umbra bumi pada pukul 02.29 WIB.

Bagian bulan menjadi memerah dan mencapai puncaknya pada pukul 03.21 WIB. Memerahnya piringan bulan ini terjadi karena adanya cahaya matahari yang dihamburkan oleh atmosfer bumi untuk kemudian bagian cahaya kemerahannya diteruskan sampai ke bulan. fase totalitas dalam gerhana bulan total akan berwarna merah darah.

Seluruh piringan bulan meninggalkan umbra bumi pada pukul 05.19 WIB, pada saat inilah, bulan berada di bagian penumbra bumi sehingga peristiwa gerhana bulan penumbra pun kembali terjadi.

BMKG memprediksi gerhana bulan 28 juli 2018 akan selesai pada pukul 06.30 WIB, ketika bulan sepenuhnya meninggalkan penumbra bumi.(tim/san)