Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungPeristiwa

KPK Bawa Kresek Besar Penuh Uang

2
×

KPK Bawa Kresek Besar Penuh Uang

Share this article
Doc. Radar TV Lampung

BANDARLAMPUNG – Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) keluar membawa sebanyak 3 koper usai menggeledah rumah mewah Rektor Unila Karomani di Jalan Komarudin, Rajabasa Jaya, Bandarlampung, Rabu 24 Agustus pukul 17.30 WIB.

Penggeledahan berlangsung selama 8 jam sejak 09.30 WIB. Penyidik KPK langsung keluar menuju 4 mobil inova reborn berpelat nomor B tak hanya koper, KPK juga membawa uang yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah di dalam satu kresek hitam besar dan satu tas ransel besar.

Lurah Rajabasa Jaya, Sumarno yang mendampingi KPK dan menyaksikan penggeledahan mengatakan beberapa ruangan digeledah dan ada yang disita oleh KPK. Ia mengatakan melihat ada penyitaan dari ruangan pak karomani, kemudian ruang kerjanya dan lantai dua rumah.

Dalam penggeledahan ada beberapa yang disita, diantaranya berkas-berkas dokumen, kwitansi, sertifikat, satu laptop, flashdisk, dan uang tunai. Uang yang disita berupa pecahan Rp 100.000 serta Rp 50.000 yang dimasukkan ke dalam satu plastik kresek hitam besar dan satu tas. Namun Sumarno, tidak tahu berapa jumlah nominal pasti dari uang yang disita ini.

Keluarga Karomani juga ikut diperiksa saat penggeledahan berlangsung. Di dalam rumah ada istri dan anak Karomani, tidak ada ruangan yang dipasang garis polisi dan keluarga tidak ada yang dibawa oleh KPK.

Sementara, Ketua RT 07 LK I Rajabasa Jaya, Harsulludin yang juga ikut menyaksikan dan mendampingi KPK mengatakan semua ruangan yang ada di dalam rumah mewah tersebut diperiksa satu persatu.

Ia menjelaskan hanya mendampingi KPK, semua ruangan digeledah, dalam mobil hingga kamar. Harsuludin menyebut uang yang disita oleh penyidik KPK diperkirakan mencapai miliaran rupiah berasal dari kamar pribadi Karomani. Uang itu didapat dari dalam kamar berupa pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 kemungkinan mencapai miliaran.

Ia menerangkan dalam penggeledahan tersebut, ada sekitar 10 orang penyidik KPK yang melakukan pemeriksaan dan penggeledahan. Keluarga yang ada di dalam rumah semuanya diperiksa, yaitu istri Karomani, anak, pembantu, dan supir pribadi.

Sementara, penggeledahan rumah keluarga Karomani di Jalan Sultan Haji I Gang Dahlia, Kota Bandarlampung. KPK keluar membawa 1 koper.(jps/san)