Scroll untuk membaca artikel
EntertainmentUnik dan Viral

5 Aplikasi Konversi JPG ke PDF Terbaik Tahun 2023

5
×

5 Aplikasi Konversi JPG ke PDF Terbaik Tahun 2023

Share this article

Sudahkah Anda mengetahui aplikasi konversi JPG ke PDF terbaik tahun 2023? Jika belum, simak rekomendasi disertai penjelasannya pada artikel ini.

Proses ubah JPG ke PDF sering dilakukan untuk sejumlah keperluan, mulai dari tugas sekolah hingga pekerjaan bersifat kantoran sehari-hari. Beberapa alasan orang memilih melakukan perubahan JPG ke PDF, antara lain:

  • Mempermudah berbagi dokumen antar pengirim dan penerima lewat berbagai perangkat atau aplikasi. Hal ini karena PDF bersifat universal yakni dapat dibuka di hampir semua tempat.
  • Mengurangi risiko perubahan dokumen. Konversi JPG ke PDF akan menggabungkan semua halaman ke dalam satu file dan meminimalkan risiko perubahan dokumen.*
  • PDF memiliki opsi keamanan yang lebih baik daripada format JPG, contohnya pengamanan kata sandi, perlindungan terhadap pencetakan atau pengeditan, serta digital signature.
  • Khususnya pelajar atau mahasiswa, terkadang tenaga pengajar meminta untuk mengirim dokumen dalam format PDF. Oleh karena itu, konversi dari format JPG ke PDF diperlukan untuk memenuhi persyaratan tugas tersebut.

Berangkat dari alasan di atas, otomatis platform JPG ke PDF penting untuk dimiliki. Saat ini, memang banyak aplikasi yang bisa ubah format, akan tetapi tak sedikit pula yang mengonversi dengan hasil kurang memuaskan, salah satunya gambar pecah hingga adanya watermark.

Jangan sampai kegagalan perubahan format terjadi pada Anda! Demi hasil yang oprimal, simak rekomendasi aplikasi konversi JPG ke PDF sebagai berikut.

 

5 Aplikasi Konversi JPG ke PDF Terbaik 2023

1. Canva

Aplikasi konversi JPG ke PDF yang pertama adalah Canva. Platform satu ini menyediakan berbagai macam template, termasuk untuk membuat dokumen PDF. Ia dapat diakses melalui aplikasi ponsel atau langsung melalui website www.canva.com.

Canva menampilkan user interface yang intuitif, sehingga Anda dapat mengunggah gambar JPG dan mengubahnya menjadi dokumen PDF secara mudah. Para pengguna juga bisa menambahkan teks, grafis, dan elemen desain lainnya ke dalam dokumen PDF.

Canva menyediakan versi gratis dan berbayar. Versi gratis memiliki fitur yang terbatas, sedangkan versi berbayar memberikan akses ke fitur premium seperti lebih banyak template, penyimpanan cloud yang lebih besar, dan penggunaan font premium.

2. Adobe Acrobat Pro DC

Kedua adalah Adobe Acrobat Pro DC, aplikasi konversi PDF ke JPG populer. Format PDF sendiri dibuat oleh Adobe Systems, sehingga otomatis Adobe Acrobat Pro DC mampu mengakomodir segala kebutuhan terkait dokumen PDF.

Adobe Acrobat Pro DC juga menyediakan integrasi dengan aplikasi Adobe lainnya, seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, sehingga Anda dapat dengan mudah mengedit gambar sebelum mengonversinya menjadi PDF.

Saat ini, Adobe Acrobat Pro DC memiliki biaya langganan bulanan atau tahunan, tetapi tersedia juga opsi pembelian satu kali. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

3. Smallpdf

Smallpdf sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu mengunggah gambar JPG dan ia akan otomatis mengubah jadi PDF dalam waktu singkat. Smallpdf turut menyediakan fitur pengeditan dasar seperti menggabungkan, memisahkan, dan menghapus halaman dari dokumen PDF.

Sama seperti yang lain, Smallpdf dapat diakses secara gratis atau berbayar. Jika berbayar, Anda dapat menggunakan berkali-kali tanpa harus menunggu jeda waktu. Selain PDF, para pengguna dapat