Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungUtama

KDMI Helat Dauroh Kitab Syamail Muhammadiyah dan Arbain Nawawi

14
×

KDMI Helat Dauroh Kitab Syamail Muhammadiyah dan Arbain Nawawi

Share this article

"Peserta sangat antusias dengan latar belakang pesantren, guru dan lainnya. Peserta dari Lampung dan Palembang, Banten serta Jawa Barat," jelasnya.

ANTUSIAS : Peserta Dauroh Kitab Bersanad yang diselenggarakan oleh KDMI Provinsi Lampung. (Foto Mahono)

BANDARLAMPUNG : Komunitas Dai Muslimin Indonesia (KDMI) Provinsi Lampung menggelar Dauroh Kitab Syamail Muhammadiyah Dan Arbain An-Nawawi.

Selain dari Lampung, peserta dauroh ini berasal dari Provinsi Banten Dan Sumatera Selatan. Mereka menimba ilmu langsung dari Dr. Ahmad Ikhwani, seorang dai asal Lampung Alumni Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.

Puluhan ustadz dan ustadzah selama empat hari menimba ilmu dalam Dauroh Kitab Syamail Muhammadiyah dan Arbain Nawawi, di Helgi Care, Bandarlampung.

Di penghujung kegiatan Ahad 28 Mei 2023, para penuntut ilmu ini dinyatakan lulus dan menerima ijazah bersanad.

Rincinya selama tiga hari, para penuntut ilmu ini mendalami kitab Asy-Syamail Muhammadiyah karya Imam Tirmidzi.

Syamail Muhammadiyah merupakan kitab yang di dalamnya membahas tentang kepribadian dan akhlak Rasulullah Shalallah alaihi wasssalam.

Kitab ini adalah kumpulan hadis atau kesaksian para sahabat yang memuat tentang gambaran Rasulullah dilihat dari berbagai aspek.

Panitia Dauroh Ustadz Abdul Kafy Hamdan  menyatakan Dauroh Kitab ini sangat mengharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan dan mampu menarik umat muslim lebih banyak lagi.

“Peserta sangat antusias dengan latar belakang pesantren, guru dan lainnya. Peserta dari Lampung dan Palembang, Banten serta Jawa Barat,” jelasnya.

Di hari akhir, peserta mengkaji Kitab Arbaîn Nawawiyah merupakan landasan atau fondasi dalam agama Islam.

Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam, atau setengahnya, atau sepertiganya berlandaskan pada hadits-hadits dalam kitab ini.

Salah satu peserta mengaku sangat antusias bisa mengikuti dauroh kitab ini. Karena dengan konsentrasi penuh dipaparkan dan dijelaskan kitab kitab penting//

“Alhamdulilah, kami sangat bahagia bisa mengikuti Dauroh Kitab ini langsung dengan guru yang memang sangat ahli,” ujar salah satu peserta dr. Harsono.

Kedepannya, KDMI sesuai dengan progrm kerja akan terus meng-upgrade kemampuan dan pengetahuan para dai untuk menimba ilmu agama. (mah)