Scroll untuk membaca artikel
Teknologi

Peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA 1) Sukses

14
×

Peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA 1) Sukses

Share this article

SATRIA-1 bakal meratakan akses internet di area tertinggal, terdepan, terluar (3T). Rencananya satelit ini bisa memfasilitasi layanan internet di 50 ribu titik fasilitas publik dengan kecepatan 4 Mbps.

SUKSES : Peluncuran Satelit Republik Indonesia 1 (SATRIA 1) sukses. (Foto Kominfo)

TEPUK tangan, ucapan syukur dan decak kagum menggema di lokasi nonton bareng (nobar) peluncuran Satelit Republik Indonesia 1 (SATRIA 1) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta saat roket Falcon 9 membawa satelit terbesar di Asia Tenggara itu lepas landas dengan lancar.

Peluncuran SATRIA 1 langsung dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Senin 19 Juni 2023, pukul 5.21 WIB atau 18.21 waktu Florida.

SATRIA-1 dibawa roket Falcon 9 milik SpaceX. Falcon 9 adalah roket yang mendarat vertikal dan bisa dipakai ulang untuk misi selanjutnya.

Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kominfo menggelar acara nobar Peluncuran SATRIA-1 bersama 11 wilayah stasiun bumi.

 

Meliputi Kota Jakarta, Manado, Kupang, Kota Jayapura, Kabupaten Timika, Manokwari, Banjarmasin, Ambon, Tarakan , Pontianak dan Batam.

Di Jakarta sendiri, acara nobar dipusatkan di anjungan Skyworld, Taman Mini Indonesia Indah.

Para hadirin antusias melihat roket setinggi 70 meter itu mulai mengeluarkan api dan terbang melesat menuju luar angkasa.

Tahap pertama peluncuran SATRIA-1 berjalan lancar hingga pendorong pertama roket Falcon 9 melepaskan diri dan mendarat sempurna di Bumi.

Di tahap kedua SATRIA-1 melanjutkan perjalanan sambil dibawa pendorong kedua menuju target garis orbit, butuh waktu 27 menit hingga sampai di orbit yang sudah ditetapkan.