Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Bisa Bahaya : Saat Isi BBM, Jangan Lakukan Ini

10
×

Bisa Bahaya : Saat Isi BBM, Jangan Lakukan Ini

Share this article

"Penyebab kebakaran bukan dari mesin dispenser BBM, melainkan sepeda motor konsumen. Jadi saat mengisi bensin, konsumen ini menggoyang-goyangkan motornya," ujar Ahmad Ubaidillah Maksum operator SPBU.

SALAH BESAR : Tindakan pemotor saat mengisi BBM dengan menggoyang-goyangkan tangki BBM bisa memicu kebakaran. (Foto CCTV)

TERKADANG saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisi Bahan Bakar Umum(SPBU), kita menjumpai orang yang tidak mematikan stop kontak kendaraan sambil menggenjot-genjotkan tangki, dengan tujuan agar semakin banyak BBM masuk.

Ternyata tindakan ini salah besar. Seperti saat insiden kebakaran di sebuah sepeda motor di SPBU Tlogomas di Jalan Raya Tlogomas Kota Malang terbakar, Ahad 18 Juni 2023, malam.

Peristiwa nahas ini terpantau dari kamera CCTV, seperti yang dilakukan pengemudi motor Yamaha Vixion ini. Tanpa mematikan stop kontak dia mengisi BBM. Dia terus menggoyang-goyangkan tangki motor.

Tak berapa lama, ketika selesai mengisi BBM. Sang pengendara mencoba men-starter motor, dan blar. Seketika api muncul dan membesar dari tangki. Merasa panik, pria ini menjatuhkan sepeda motor hingga api langsung membesar.