Scroll untuk membaca artikel
Wisata Lampung

Ini Lima Wisata Hits di Tulang Bawang dan Tuba Barat, Nomer 4 Mirip Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

663
×

Ini Lima Wisata Hits di Tulang Bawang dan Tuba Barat, Nomer 4 Mirip Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Share this article
Taman Budaya Ulun Nughik (Instagram/kakak_zack)

RADARTVNEWS.COM – Keberadaan Kabupaten Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat mungkin jarang terdengar bagi kalangan wisatawan, meski sebenarnya tempat ini banyak memiliki potensi di bidang pariwisata. Belakangan setelah dipimpin oleh Bupati Umar Achmad banyak tempat-tempat pariwisata yang mulai dikenal Masyarakat.

Tempat wisata di tulang bawang barat beraneka ragam jenisnya mulai dari wisata alam, edukasi, bahkan religi sekalipun ada di kabupaten tulang bawang barat.

Salah satu tempat wisatanya juga menjadi primadona dari kaum muda untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong yang asik dan instagramable.

Nah bagi travelers yang menyukai wisata ikonik terdapat beberapa wisata ikonik landmark yang diantaranya merupakan hasil karya arsitektur dan seniman ternama asal Bali Gede Kresna.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata ikonik di Tulang Bawang Barat dan Tulang Bawang yang wajib travelers ketahui.

1. Relief Megou Pak

Relief Megou Pak

Jika di Amerika Serikat terdapat relief wajah empat presiden Amerika yang dipahat di Gunung Rushmore yang merupakan gunung terkenal di Amerika Serikat tepatnya berada di dekat South Dakota.

Di Kabupaten Tulang Bawang Barat terdapat sebuah pahatan patung dengan empat relief. Ke empat relief tersebut merupakan penggambaran dari empat tokoh Megow Pak suku Lampung yang merupakan cikal bakal terbentuknya Tulang Bawang.

Adapun empat marga tersebut yaitu Marga Tegamoan, Marga Buay Bulan, Marga Buay Aji dan Marga Suwai Umpu.

Patung yang terletak di jalan Provinsi ini sering dijadikan destinasi wisata berswa photo maupun selfie dan menjadi destinasi wisata sejarah asal muasal kerajaan tulang bawang.

Lokasi Relief Megou pak tak jauh dari Kantor pmerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat tepatnya di jalan leter S yang merupakan jalan penghubung Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Way Kanan.

2. Studio Keramik Tanoh Nughik

Studio Keramik Tanoh Nughik

Satu di antara wisata seni di Kabupaten Tulang Bawang berupa Studio Keramik Tanoh Nighik bisa ditemukan di Komplek Uluan Nughik, Panaragan Jaya, Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Studio Keramik Tanoh Nighik diresmikan pada 21 mei 2022. Diketahui Studio Keramik Tanoh Nighik menjadi tempat wisata edukasi sekaligus untuk misi pendongkrakan pengembangan sumber daya manusia dan pariwisata di Tulang Bawang Barat.

Selain itu Studio Keramik Tanoh Nighik juga memiliki gaya arsitektur yang menarik dipandang mata.

Setiap hari ada ratusan warga Tulang Bawang Barat dan juga warga Lampung datang berbondong-bondong ke lokasi untuk sekadar berswafoto di sejumlah titik bangunan, baik pada bagian dalam, maupun pada bagian luar bangunan.

Studio ini dilengkapi dengan perlengkapan produksi membuat keramik yang cukup lengkap.

3. Islamic Center Tulang Bawang Barat

Islamic Center Tulang Bawang Barat

Islamic Center Tulang Bawang Barat ini merupakan kawasan Masjid Asmaul Husna atau kerap disebut sebagai Masjid Agung Baitul Sobhur.

Selain berperan sebagai tempat wisata religi, bangunan masjid ini memiliki arsitektur khas Lampung yang dapat merepresentasikan empat marga yang terdapat di Lampung.

Bahkan dapat pula dijumpai danau buatan dengan berbagai macam ikan yang hidup di dalamnya yang menambah keindahan Kawasan Islamic Center Tulang Bawang Barat yang Terletak di Desa Pulung Kencana, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Islamic Center ini berdiri kokoh dan menjadi pusat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Memiliki desain yang unik tanpa kubah serta interior yang berbeda dari Islamic Center lainnya, menjadikan Islamic Center Tulang Bawang Barat merupakan salah satu yang termegah di Lampung.

Sebagai komplek kegiatan keagamaan yang memiliki nama “Komplek Dunia Akhirat” ini sering didatangi oleh wisatawan domestik serta dari luar daerah.

Nah jika Travelers sedang berkunjung ke Tulang Bawang Barat lokasi ini menjadi salah satu tempat yang patut kamu kunjungi.