Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Dramatis : Penumpang KMP Mutiara Berkah I Dievakuasi Gunakan Tangga Crane Mobil Proyek

47
×

Dramatis : Penumpang KMP Mutiara Berkah I Dievakuasi Gunakan Tangga Crane Mobil Proyek

Share this article
DRAMATIS DAN TEGANG : Proses evakuasi penumpang KMP Mutiara Berkah I menggunakan crane mobil proyek. (Foto Tangkap Layar)

PROSES evakuasi penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah I atau City Line berlangsung dramatis. Tidak ada pintu atau tangga darurat untuk penumpang keluar. Semua akses tidak memungkinkan dilalui.

Satu-satunya jalan keluar adalah menggunakan tangga atau crane milik mobil proyek Pelabuhan Indat Kiat, Merak, Provinsi Banten.

Crane warna kuning dijulurkan dari area dermaga ke pinggir bibir dek penumpang. Sontak seketika penumpang berebut untuk turun. Kondisi ini sangatlah membahayakan, penumpang turun secara manual dari atas ketinggian sekira 30 meter.

Ini bukanlah seperti bayangan kita turun menggunakan tangga normal. Tangga berbentuk selubung besi kotak, dengan besi diagonal melintang di setiap sisi bujur sangkarnya.

Ada penumpang yang turun melalui bagian dalam tangga. Meskipun sangat bahaya, ada pula yang turun melintasi sisi kanan dan kiri tangga.

Riuh penumpang berebutan untuk segera turun. Dalam kondisi panik, bahkan mereka hanya peduli untuk menyelematkan diri sendiri.

”Mas, jangan dorong-dorong dong. Bahaya ini,” kata seorang ibu yang sudah sampai tepi tangga.

Berdasarkan manifes penumpang, KMP City Line mengangkut 159 penumpang dan 135 kendaraan. Terdapat 5 penumpang harus dilarikan ke Rumah Sakit Krakatau Medika, karena mengalami sesak nafas.

Sekadar mengingatkan, insiden kapal terbakar kembali terjadi di perairan Merak, Provinsi Banten, Rabu 6 September 2023, sekira pukul 10.55 WIB siang ini.