Scroll untuk membaca artikel
Tanggamus

Fix Besok, Gubernur Lantik Mulyadi Irsan Sebagai Penjabat Bupati Tanggamus

1072
×

Fix Besok, Gubernur Lantik Mulyadi Irsan Sebagai Penjabat Bupati Tanggamus

Share this article
SIAP DILANTIK : Kepala Bappeda Pemprov Lampung Mulyadi Irsan siap dilantik menjadi Pj. Bupati Tanggamus. (Foto radar lampung)

BANDARLAMPUNG : Teka – teki siapa yang akan ditunjuk Mendagri Tito Karnavian sebagai penjabat Bupati Tanggamus terjawab sudah. Meski sempat terlambat, akhirnya Mendagri menetapkan Mulyadi Irsan sebagai Pj. Bupati Tanggamus.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung ini rencananya segera akan dilantik oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Pelantikan akan dihelat di Balai Keratun, Pemprov Lampung, Rabu 27 September 2023.

Sebelumnya, Kemendagri hingga masa jabatan Bupati Tanggamus Dewi Handajani dan Wakil Bupati AM Syafi’I habis pada Rabu 20 September 2023, belum juga menetapkan siapa pj. Bupati.

Atas dasar itu, maka di waktu bersamaan, ditunjuk Sekda Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis sebagai pelaksana harian (Plh) Bupati Tanggamus. Namun selang tiga kemudian, barulah turun SK pj. Bupati Tanggamus.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Lampung Binarti Bintang mengatakan SK Mendagri tentang penunjukan Pj. Bupati Tanggamus baru turun Sabtu 23 September 2023.

“Benar sekali, SK turun tadi sore,” ujar Binarti Bintang kepada Radarlampung.co.id melalui pesan WhatsApp.

Dari SK Kemendagri tersebut, Mulyadi Irsan yang ditetapkan sebagai Pj Bupati Tanggamus. Disinggung terkait jadwal pelantikan Pj Bupati Tanggamus akan dilakukan Senin 25 September 2023, Binarti Bintang menyatakan akan dilakukan secepat mungkin.

Sebab, menurut Binarti Bintang pelantikan akan menunggu agenda dari pimpinan, dalam hal ini Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

“Untuk pelantikan menunggu agenda pimpinan. Kita lihat saja besok ya mas,” ucap Binarti Bintang.

Meski begitu dirinya mengaku Pemprov Lampung telah berkoordinasi dengan Pemkab Tanggamus mengenai persiapan pelantikan Pj Bupati Tanggamus.

Direncanakan pelantikan Pj Bupati Tanggamus dilakukan di Balai Keratun lantai III. Pelantikan Ketua TP PKK dan Dekranasda Tanggamus dilakuakn di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung.

Budhi Darmawan Spesialis Calon Pj Bupati

Sementara itu, penunjukan Mulyadi Irsan ini sekaligus mengukuhkan status Kepala Pemberdayaan Sumber Daya Air (PSDA) Pemprov Lampung Budhi Darmawan sebagai spesialis calon atau kandidat penjabat bupati.

Di setiap ada momentum pengusulan nama-nama calon penjabat kepala daerah. Nama Budhi Darmawan selalu muncul dan selalu lolos untuk diusulkan kepada Mendagri. Mulai dari Pj. Bupati Lampung Barat, Pj. Bupati Tulang Bawang Barat, Pj. Bupati Mesuji, dan Pj. Bupati Tulang Bawang.

”Mungkin belum jodoh kali atau memang di setting sebagai pelengkap saja,” ujar salah satu ASN di Pemprov Lampung. (*)