Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungPemprov LampungPeristiwa

Upacara HUT Lampung, Pjs. Gubernur Didik Serukan Semangat Pembangunan

0
×

Upacara HUT Lampung, Pjs. Gubernur Didik Serukan Semangat Pembangunan

Share this article

radartvnews.com- Upacara Peringatan Hari Jadi ke – 54 Provinsi Lampung di Lapangan KORPRI, Kantor Gubernur Selasa pagi (20/3/2018), berlangsung khikmad. Diawali dengan Menyanyikan lagu-lagu Perjuangan Bangsa Indonesia dan Pembacaan Sejarah Singkat berdirinya Provinsi Lampung oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedy Afrizal, upacara dengan tema “Pembangunan Sukses, Lampung Maju, Rakyat Sejahtera Nyata” ini tampak menggugah kesadaran peserta upacara. Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Didik mengucapkan Selamat HUT Lampung kepada seluruh masyarakat. “Semoga momentum peringatan hari jadi ke 54 Provinsi Lampung, akan semakin memantapkan dan meningkatkan serta memperkokoh tekad dan semangat juang kita, untuk terus membangun, mengantarkan Provinsi Lampung yang semakin maju dan sejahtera,” ujar Didik.

Menurut Didik, pembangunan Provinsi Lampung saat ini berjalan sangat dinamis, yang diikuti dengan kemajuan setiap lintas sektoral pembangunan. “Hal ini ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang memadai, potensial serta kompetitif, yang turut menjadikan Lampung sebagai Provinsi bergerak maju dalam roda pembangunan,” ujar Didik.

Hasil pembangunan Lampung tersebut tidak terlepas dari kerja keras masyarakat Provinsi Lampung yang diawali oleh para pendahulunya yang silih berganti “menakhodai” Provinsi Lampung. Masyarakat juga memberikan kontribusi bagi akselerasi pembangunan untuk Bumi Ruwa Jurai.

Didik juga menjelaskan bahwa secara nasional Indeks Daya Saing Provinsi Lampung mengalami peningkatan dari peringkat 25 di tahun 2015 menjadi peringkat 11 di tahun 2018. Jumlah Desa Tertinggal terus berkurang dari 380 desa di tahun 2014 menjadi 119 desa di tahun 2017. Tingkat kemantapan jalan provinsi naik dari 65,05 persen di tahun 2014 menjadi 77,04 persen di tahun 2017. Tingkat Kemiskinan turun dari 14,35 persen di awal tahun 2015 menjadi 13,04 persen di akhir tahun 2017.

Bukan hanya itu di segi Infrastruktur dan Sektor Pariwisata, Provinsi Lampung juga mengalami banyak perkembangan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. “Percepatan pengerjaan Bandara Raden Inten II menuju Bandara Internasional, Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. Di samping itu, posisi investasi Lampung berada di urutan 7 tujuan investasi utama nasional seiring dengan meningkatkan nilai investasi pada Triwulan III tahun 2017 yakni Rp.3,08 triliun. Lampung juga mencapai swasembada padi pada Tahun 2017 dengan meraih surplus padi 1,2 Juta Ton dan juga mengembalikan kejayaan produksi jagung Lampung ke angka 2,4 juta ton pada 2017.

Peningkatkan sektor pariwisata Lampung dengan menduduki peringkat kesembilan jumlah kunjungan wisatawan yakni tercatat 8,8 juta wisnus, sedangkan Bali di peringkat ke-11 dengan jumlah 8,5 juta wisnus dan Peningkatan sarana prasanan dan pelayanan RSUD Abdul Moeloek menuju RS Tipe A dan berstandar nasional.

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung, mari kita satukan langkah dan tekad untuk memajukan Provinsi Lampung, yang sama-sama kita cintai. Jika pembangunan di Kabupaten/Kota maju, maka berdampak positif bagi kemajuan Provinsi Lampung” ujarnya. Didik berharap pembangunan dilakukan dengan kerja nyata, inovasi dan kreativitas semua pihak.

Upacara HUT ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Lampung, Plt.Sekdaprov Lampung Hamartoni Ahadis, Staff Ahli Gubernur, Asisten Sekretaris Daerah, Seluruh Pejabat Eselon II, III, IV serta Undangan dan Peserta Upacara yang terdiri dari ASN, TNI, Polri, dan pelajar. (Rls/JF)