Monday, July 26, 2021

Budidaya Ikan Discus, “ Si Gepeng Yang Menarik ”

Most Read

Ikan Hias Discus masuk dalam family dari Genus Symphysodon dan Cichlidae yang berasal dari Negara Brazil, lebih tepatnya dari Sungai Amazon. Jenis Ikan Discus sangat banyak dan setiap Jenis Ikan Discus dibedakan dari warna yang dimilikinya, keunikan yang menarik pada Ikan Discus yaitu garis-garis tubuh yang melintang dari ujung ekor sampai kepalanya. Itu sebabnya para pecinta ikan hias memilih ikan discus untuk dipelihara di aquariumnya. Harga Ikan Discus biasanya dikategorikan dari Warna dan Kerumitan Pola Batik yang dimilikinya, jika warna yang semakin cerah dan pola batiknya semakin rumit, maka harga ikan discus tersebut akan semakin mahal.

Berangkat dari hoby ini lah, Jaka Susanta mencoba melakukan Budidaya Ikan Discus, memanfaatkan halaman rumahnya yang terletak di Karimun Jawa, Sukarame, Bandar Lampung. Bapak dua orang anak ini mencoba mengembangbiakan ikan jenis ini. Tingkat kesulitan dalam membudidaya ikan ini yaitu karakter air yang harus dijaga, karena ikan ini merupakan ikan yang mudah setres. Untuk mendapatkan indukan, Jaka mendatangkan nya dari Luar Provinsi Lampung.

Berita Lainnya  Petani Hangus Terbakar di Gubuk

Dalam pemeliharaan, Discus memerlukan banyak ruang untuk berenang dan juga perlu disimpan dalam sebuah kelompok kecil jadi tangki aquarium harus cukup besar untuk memungkinkan setidaknya 10 liter air untuk setiap ikan.

Jaka berharap, kedepan banyak pencinta ikan discus di lampung dan dapat membentuk komunitas. Tujuan nya yakni untuk bertukar informasi terkait budidaya dan peluang bisnis kedepan nya. Ikan Discus juga merupakan Ikan Prestise dengan harga sampai puluhan juta rupiah, ada tiga jenis ikan discus termahal yakni Albino Bulldog Chekerboard, Albino Bulldog Blue Diamond, Bulldog Leopard Snake. Albino Bulldog Chekerboard dan Albino Bulldog Blue Diamond adalah salah satu jenis klasifikasi ikan discus yang harganya dibandrol kisaran 12 juta rupiah untuk ukuran ikan sepanjang 2,5 inchi. Sedangkan Bulldog Leopard Snake adalah jenis klasifikasi ikan discus yang harganya mencapai kisaran 10 juta rupiah, ikan-ikan tersebut hasil pengembangbiakan dari Malaysia. (Hen/Rie)

Berita Lainnya  Petani Hangus Terbakar di Gubuk

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Ruas Tol Terpeka Diperketat, Volume Kendaraan Turun

Radartvnews.com - Pemerintah pusat memperpanjang PPKM Level 4 mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021. Menyikapai keputusan tersebut, PT Hutama Karya melanjutkan penyekatan di...

berita terkait lainnya